Berita

80 ANGGOTA LINTAS SAKA BELAJAR NAVIGASI DARAT

Pusinfo – Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Satuan Karya diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus.

Sebanyak 80 orang pramuka penegak dari anggota lintas satuan karya, yakni saka Bhayangkara,Bahari, Wirakartika Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo mengadakan kegiatan kemah bersama di Pusat Pelatihan Konservasi Alam & Camping Ground Indreng Genitri Claket Pacet Mojokerto, Sabtu – Minggu tanggal 02 s.d 03 Juli 2022.

Kegiatan ini ditujukan guna meningkatkan keahlian anggota satuan karya pramuka di Sidoarjo. Dibawah bimbingan dan arahan Andalan Cabang Urusan Satuan Karya – Kak Seno Hardjono dan Kak Setyo Nugroho, S.Pd, mereka diberikan bekal materi navigasi darat yang disampaikan oleh Andalan Cabang Urusan Abdimas & Pramuka Peduli Kak Ihwal Praja Putra P, S.Pd.

Navigasi darat adalah sebuah ilmu menentukan posisi suatu objek dan arah perjalanan. Baik pada medan sebenarnya maupun pada peta. Sebagai organisasi pendidikan yang banyak berinteraksi dengan alam, Pramuka melatih anggotanya untuk mumpuni dalam berbagai hal ilmu pengetahuan. Tidak terkecuali ilmu tentang navigasi darat.

Walau ilmu yang sifatnya praktis ini memang tidak mudah untuk dapat terpahami dalam sekali duduk. Maka untuk mempermudah anggotanya Gerakan Pramuka membagi materi navigasi kedalam setiap tingkatan.

Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka memberikan pengalaman orientasi di alam terbuka bagi setiap anggota satuan karya. Ilmu yang diberikan ini, akan menjadi bekal yang bermanfaat untuk diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, utamanya dalam bertahan hidup dialam terbuka.(Kak Setyo)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.