Gelar Training Center Koncab Sidoarjo, Upaya Tingkatkan Solidaritas, Keakraban dan Chemistry Peserta Raida XIV Jawa Timur

Pusinfo – Kegiatan training centre Peserta Raimuna Daerah Jawa Timur Kontingen Cabang Sidoarjo kembali digelar pada sabtu dan minggu tanggal 28 – 29 Oktober 2023. Kegiatan ini dilangsungkan secara terpusat bertempat di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo, Jalan Yos Sudarso No 35 Sidoarjo. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan Kontingen Cabang Sidoarjo dalam menyongsong Kegiatan Raimuna Daerah Jawa timur ke XIV yang akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pantai Prigi Kec. Watulimo Kab. Trenggalek.

Kegiatan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan Peringatan Hari sumpah pemuda ke-95 dengan mengusung tema Semangat Kepemudaan jiwa yang berapi api. Seluruh Anggota Kontingen Cabang mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan gembira. Karena Pada dasarnya seorang Pramuka Sejati harus memiliki 4H seperti yang dijelaskan oleh Lord Baden Powell yaitu Healthy, Happines, Helpful dan Handycraft .

Para peserta anggota kontingen Cabang Sidoarjo, pada kegiatan Training Center kali ini mengikuti serangkaian kegiatan dengan di awali Mengikuti Kegiatan Upacara peringatan hari Sumpah pemuda yang bertempat di Alun Alun Kab. Sidoarjo. Ada juga perwakilan dari Kontingen Cabang Sidoarjo yang berkesempatan menjadi petugas upacara sebagai Petugas Pembaca Pembukaan UUD 1945 yaitu Kak Kresna Yudha Iriyansya anggota Pramuka pangkalan SMA Negeri 4 Sidoarjo.

Dilanjutkan pada siang harinya para anggota Kontingen Cabang Sidoarjo mendapatkan beberapa pembekalan guna mempersiapkan Perkemahan diantaranya Materi Survival, manajemen packing, Scouting Skil, yang dipandu oleh Kak Ihwal Praja Putra Pratama, S.Pd Selaku Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli sekaligus sebagai Pembina Pendamping Kontingen Cabang Sidoarjo pada kegiatan Raimuna Daerah XIV Jawa Timur.

Setelah mendapat beberapa materi, para angota Kontingen Cabang Sidoarjo melakukan Simulasi Pendirian Tapak Tenda secara langsung di halaman Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo yang di komandoi oleh Masing-masing Pimpinan Sangga dengan membuat Gapura Tapak Tenda, jemuran dan rak piring dari tongkat pramuka dan mendirikan tenda untuk tempat istirahat para calon peserta Raimuna Daerah XIV Jawa Timur.

Baca Juga  1.670 Penggalang Ikuti Gelaran Lomba PBB Bertongkat se-Kwarcab Sidoarjo

Pada malam harinya setelah giat Istirahat, sholat dan makan. Para peserta juga melakukan pemantapan mengenai Konsep Pentas Seni, ada hal menarik untuk Pentas seni pada kegiatan Raimuna Daerah kali ini, Koncab Sidoarjo berencana akan menampilkan Tarian Khas Sidoarjo yaitu Banjar Kemuning, adapun untuk yang bertugas selain Penari yaitu mempersiapkan Segala Peralatan kelengkapan atau properti untuk Pentas Seni tersebut.

Dilanjutkan pada hari Minggu, 29 Oktober 2023 pagi hari peserta Training Centre mengawali kegiatan dengan sholat subuh, dilanjutkan dengan Senam Pagi dan Joging Bersama di sekitaran Sanggar Pramuka Sidoarjo dan di akhiri dengan sarapan pagi secara bersama-sama. Setelah mengikuti giat pagi dengan penuh semangat dan gembira, para peserta berkumpul di aula Dasa Dharma Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo untuk mendapatkan pengarahan Petunjuk Teknis Kegiatan Raimuna Daerah XIV Jawa Timur oleh Kak Radisya Zaniar (DKD Jawa Timur).

Dihubungi di akhir sesi serangkaian Training Centre, ada pesan dari Kak Sahrul Maulana selaku Pimpinan Kontingen Cabang (PINKONCAB) Sidoarjo “Harapan dilaksanakan Training Centre Kontingen Cabang Sidoarjo kali ini, tentunya untuk para peserta bisa meningkatkan kapsitas untuk manajemen diri mereka yang lebih baik, melalui Training Center selama 2 hari 1 malam ini juga untuk meningkatkan solidaritas, keakraban dan Chemistry atau kecocokan dalam pertemanan mereka, sehingga dapat mengalami peningkatan untuk membentuk karakter yang selalu bersemangat dan memiliki jiwa sosial yang tinggi guna memperluas wawasan sertapengalaman baru”, tutur Kak Sahrul Maulana yang bertugas sebagai PINKONCAB Sidoarjo sekaligus Anggota Bidang Pembinaan Dewan Kerja Cabang Sidoarjo. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Anang AM – Ketua DKC Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *