Kursus Pengelolaan Gudep, Sadarilah Bahwa Gudep adalah Aset Terbesar Kwartir

Pusat – Kursus Pengelolaan Gugus Depan kembali digelar oleh Kwartir Cabang Sidoarjo, Sabtu dan Minggu (28 – 29/11/2023). Kegiatan ini digelar di Sanggar Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo dengan fasilitator pemateri dari Pusdiklatcab Jenggala.

Selain peserta dari gugus depan, juga diikuti oleh Satuan Komunitas Pramuka atau SAKO. Kegiatan ini merupakan program kerja andalan bidang gugus depan, Sako dan Gugus Darma Kwartir Cabang Sidoarjo. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu langkah dan upaya untuk meningkatkan mutu serta memberikan pemahaman akan pedoman penyelenggaraan gugus depan.

Peserta diberikan bekal materi tentang organisasi pramuka, sarana dan prasarana apa saja yang harus dimiliki oleh gugus depan. Selain itu, juga diberikan penjelasan akan bagaimana administrasi yang harus diterapkan di gugus depan dan bagaimana pendidikan kepramukaan yang sesungguhnya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan Gudep mengikuti lomba Penilaian Gudep Unggul, yang rencananya akan digelar diakhir Nopember 2023. Hal ini untuk memacu gugus depan agar berbenah dan menata organisasinya sebagaimana pedoman penyelenggaraan gugus depan.

Namun demikian, juga perlu dipahami bersama oleh Kwartir terutama Kwartir Ranting bahwa gugus depan merupakan aset yang harus dirawat dan diberikan bimbingan secara terarah. Gugus depan adalah aset utama gerakan pramuka, bukan terus menerus dijadikan sebagai obyek kegiatan. Para pengurus kwartir juga harus mulai berbenah untuk lebih peduli dengan turun ke bawah menyapa gugus depan yang ada dijajaran binaannya. [Red]

Kontributor : Kak Drs. Amiruddin, M.Pd.I – Wakabid Gudep, Sako & Gugus Darma;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;
Baca Juga  SIAP 2K23 Kompetisi Sehat Wujudkan Pramuka Hebat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *