24 Tahun Siapkan Pramuka Penegak Yang Disiplin, Semangat, Loyalitas dan Tengginas

Pusinfo – Setiap yang kita lakukan, seharusnya selalu berdampak bagi kebaikan. Ini menjadi prinsip penggagas lahirnya Smenda Scout atau pramuka gugus depan 02.081 – 02.082 pangkalan SMK Negeri 2 Buduran, Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS yang sejak tahun 1999 bergulat dengan anak muda dan membimbing serta membina para penegak di ambalan Teuku Umar – Cut Nyak Dhien hingga saat ini.

Gugus depan yang dipimpin oleh Kak Dra. Hj. Mariya Ernawati, MM selaku Kamabigus, saat ini terus berbenah untuk melahirkan pramuka penegak yang memiliki kualitas unggulan, yakni pribadi yang Disiplin, Semangat, Loyalitas dan Tengginas. Dibawah binaan Ketua Gudep Kak Syamsuddin Chalim, S.Pd., M.Pd upaya peningkatan terus dilakukan, selain fasilitas Sanggar Bakti Pramuka yang memang sudah lama diberikan oleh sekolah, dukungan terhadap kegiatan kepramukaan semakin luar biasa.

Ambalan yang digagas sejak 26 September 1999 ini, sesungguhnya sudah ada kegiatan kepramukaan di pangkalan SMK Negeri 2 Buduran sejak kisaran tahun 1986. Namun demikian belum tertata dengan cukup bagus sebagaimana mestinya gugus depan berbasis peserta didik pramuka penegak.

Bersama 12 orang pramuka penegak yang waktu itu semuanya putri sebab sebelum menjadi SMK Negeri 2 Buduran bernama SMEAN Sidoarjo atau Sekolah Menengah Ekonomi Atas Negeri Sidoarjo, yang siswanya kebanyakan putri. Dari nama inilah, gugus depan yang terus eksis membina pramuka penegak ini menjuluki pramukanya dengan nama panggilan Smenda Scout.

Pernah juga ditahun 2010 berganti nama menjadi Smenda Scout Lion Campus atau Pramuka SMK Negeri 2 Buduran yang menjadi Kampusnya para Singa. Namun demikian, berselang 5 tahun semenjak waktu itu, nama Lion Campus dihapus tetapi tetap menjadi motivasi bagi seluruh pramuka penegak di pangkalan gugus depan yang sering mengirim anggotanya mengikuti even kegiatan pramuka tingkat ranting hingga nasional ini.

Kini, meskipun perayaannya tidak tepat waktu karena banyaknya kegiatan pramuka lain yang harus diikuti, namun tetap dirayakan Anniversary yang ke-24 tahun dengan cara yang sangat sederhana. Potong tumpeng, tiup lilin kue ulang tahun dan dilanjutkan makan bersama yang dipadu dengan es timun serut yang menjadi tradisi Smenda Scout dari dahulu.

Dalam acaranya, disampaikan Selayang Pandang tentang Smenda Scout Story oleh Kak Uays Hasyim yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Pembina Gudep Putra Kak Nanang Tri Wahono, S.Pd dan Pembina Gudep Putri Kak Sri Mujiyanah, SH. Dalam sambutannya, beliau berdua menekankan untuk terus bekerja sama memajukan Smenda Scout sebagaimana yang telah dilakukan oleh kakak-kakak anggota Smenda Scout sebelumnya.

Sebagaimana adat istiadat ambalan, kegiatan diakhiri dengan acara tukar kado yang dibungkus kertas koran untuk kebersamaan sembari berbagi kebahagiaan antar anggota Smenda Scout yang hadir. Meski harga kado tidak seberapa, namun kebersamaan yang dilaksanakan memberikan makna dan nilai tersendiri bagi setiap anggota. SATYA PANDU DARMA PRATIWI. [Red]

Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

1 thought on “24 Tahun Siapkan Pramuka Penegak Yang Disiplin, Semangat, Loyalitas dan Tengginas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *