Kasdim 0816 Buka Dianpinsat, Songsong Kejayaan Pramuka Penegak Sidoarjo

Pusinfo – Bertempat di Markas Komando Kodim 0816 Sidoarjo, Kepala Staf Kodim Mayor CHB Supriyanto membuka acara Dianpinsat Pramuka Penegak Pandega Kwarcab Sidoarjo didampingi Waka Binawasa dan Sekretaris Kwarcab Sidoarjo, Sabtu (30/09/2023).

Kegiatan Geladian Pimpinan Satuan Penegak atau Dianpinsat adalah tempat latihan bagi pengurus dewan ambalan, pemimpin sangga dan wakil pemimpin sangga untuk mengembangkan kepemimpinan, meningkatkan kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dalam tehnik kepramukaan.

Dipandegani oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Sidoarjo, Dianpinsat kali ini diikuti oleh 62 orang pramuka penegak dari berbagai gugus depan pangkalan se-Kwarcab Sidoarjo. Dalam sambutannya, Kasdim 0816 yang juga pernah mengikuti KMD ini mengatakan, “Melalui Dianpinsat ini diharapkan pengurus dewan ambalan, pemimpin sangga dan wakil pemimpin sangga mampu mengelola dan memimpin satuannya serta menyelenggarakan administrasi dan keuangan satuannya dengan cermat dan tertib.” ungkap beliau memberikan penekanan.

“Selain itu, calon-calon pemimpin muda ini harus mampu merencanakan, melaksanakan, mengadakan penilaian atas program kerja serta acara latihan dan kegiatan satuannya. Disamping itu juga harus bisa membuat laporan tentang pelaksanaan program kerja dan kegiatan satuannya sehingga dapat meningkatkan mutu kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dirinya sendiri dan anggota satuannya, selain juga harus membina kerjasama yang baik dalam satuannya” pungkasnya mengakhiri sambutan.

Seluruh peserta akan dibekali berbagai kemampuan teknis dan manajerial kepemimpinan satuan agar dapat diterapkan dalam masing-masing ambalan di gugus depannya. Bekal yang didapatkan selama kegiatan kali ini diberikan oleh para pelatih-pelatih senior yang mahir dibidangnya.

Kolaborasi antar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo dalam hal ini DKC Sidoarjo dengan Kodim 0816 ini menjadi langkah awal untuk mendorong kemajuan pramuka penegak dan pandega di Sidoarjo. Hal ini mulai nampak geliat produktif gugus depan-gugus depan pangkalan penegak yang mulai kembali melaksanakan kegiatan-kegiatan kepramukaannya.

Baca Juga  SATUKAN TEKAD MENGGAPAI TUJUAN BERSAMA

“Kami berharap ini menjadi langkah berkelanjutan kami untuk menyongsong kejayaan pramuka penegak dan pandega di Sidoarjo. Ke depan, Tegak Dega Sidoarjo harus menunjukkan peran aktifnya dalam berkontribusi bagi kemajuan di Kabupaten Sidoarjo sebagaimana kompetensinya masing-masing”, ujar Ketua DKC Sidoarjo Kak Anang Ahmad Muzakki menegaskan. [Red]

Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *