BP-13.15 Kwarcab Sidoarjo ikuti Jambore Relawan Penanggulangan Bencana 2023

Pusinfo – Sebanyak 5 orang anggota BP-13.15 menjadi peserta kegiatan jambore relawan 2023 yang berlokasi di Lapangan Desa Nguntoronadi Jalan Raya Goranggareng Uteran Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Kegiatan jambore relawan ini digelar selama 3 hari 2 malam mulai dari tanggal 22-24 September 2023 dan dihadiri sekitar 1.000 relawan kebencanaan dan 100 instasi kebencanaan dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Kegiatan jambore relawan 2023 ini dibuka oleh Dra. Hj. Khofifah Indar, Gubernur Provinsi Jawa Timur dan dihadiri oleh Adhy Karyono selaku Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Drs. Pangarso Suryotomo yang juga Direktur Kesiapsiagaan BNPB. Turut hadir pula Gatot Soebroto sebagai Ketua Pelaksana BPBD Jawa Timur dan Suprawoto – Bupati Magetan beserta jajaran dari Pemerintah Provinsi Jatim lainnya.

Pada kegiatan jambore relawan hari pertama kali ini, seluruh peserta diberikan Edukasi peningkatan kapasitas relawan dengan materi pemberian materi Desa Tangguh Bencana (Destana) oleh FPRB Jatim, Water Rescue dan Fire Rescue oleh PT Paiton Operations & Maintenance Indonesia (POMI), dan Bantuan Hidup Dasar dari PPNI Jatim.

Selain itu juga diberikan bekal pengetahuan mengenai Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) oleh SRPB Jatim dan juga pada malam hari ada materi edukasi lainnya. Kemudian pada hari kedua sekitar 780 relawan berkumpul di lapangan untuk menunjukkan aksi Paper Mob Bendera Merah Putih dan Optimis Jatim Bangkit.

Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa juga memberikan selempang secara Simbolis kepada perwakilan Srikandi Siaga Bencana, penyerahan  bibit tanaman kepada sembilan Kepala Desa dari Kecamatan Nguntoronadi dan penyerahan hadiah kepada Juara Lomba Desain Logo Hari Jadi yang ke-78 Provinsi Jawa Timur. Pada akhir acara Ibu Gubernur mengajak para relawan dan masyarakat yang datang untuk bersholawat bersama dan menikmati pesta rakyat.

Baca Juga  Kak Subandi Berangkatkan Kontingen Raimuna Nasional XII Kwartir Cabang Sidoarjo

Dalam kesempatan yang baik itu, diserahkan penghargaan dari BPBD Provinsi Jawa Timur kepada beberapa instansi yang mendukung penyelenggaraan Jambore Relawan. Termasuk juga penghargaan kepada Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur.

Anggota BP 13.15 Kwarcab Sidoarjo yang mengikuti Jambore ini antara lain : Berlianan Nur Regita Hanafi, Mochamad Adzani Sihabuddin, Ferdinata, Irfan Hidayat dan Ade Isa A. “Kami bangga telah menjadi bagian dari relawan Jawa Timur “, tutur koordinator Tim yaitu Adzani Sihabuddin. Kegiatan jambore relawan ini diselenggarakan oleh BPBD Provinsi Jawa Timur ini tanpa dipungut biaya sama sekali. [Red]


Kontributor Kegiatan 
: Kak Azelin – Anggota Tim Pelatih Kwarcab Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *