Bangun Rasa, Kuatkan Tekad, Raih Tujuan Bersama Pramuka Universitas NU Sidoarjo

Pusinfo – Pramuka Pandega adalah masa–masa dimana seorang anggota pramuka dewasa muda menunjukkan kemandirian, kreatifitas, suka berkarya dan selalu ingin menunjukkan eksistensinya. Pada golongan pramuka pandega pola pembinaan dilakukan dalam satuan yang disebut dengan Racana. Sebagaimana yang dilakukan Gerakan Pramuka pangkalan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo melalui kegiatan Orientasi dan Penerimaan Tamu Racana atau OPTR tahun 2023.

Kegiatan ini dimulai dengan pelaksanaan Orientasi Tamu Racana pada hari Minggu, 28/05/2023 yang bertempat di Lapangan Kampus 2 Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dan Pelaksanaan Penerimaan Tamu Racana pada hari Sabtu s.d Minggu tanggal 3 – 4/06/2023 yang bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo di Tanjek Wagir Kec. Krembung Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan ini dibuka oleh Kak Hadi Ismanto selaku Wakil Rektor 1 Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Dengan mengusung tema kegiatan “Bangun Rasa, Kuatkan Tekad, Raih Tujuan” yang disingkat dengan BASKARA. Diikuti oleh 130 Peserta dari mahasiswa aktif Unusida. Melalui kegiatan ini para peserta diharapkan dapat menambah wawasan terkait pramuka di ranah perguruan tinggi dan mampu membangun kreatifitas para peserta dalam kegiatan kepramukaan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut dan menerima secara resmi para mahasiswa baru sebagai tamu racana di Racana K.H Hasyim Al – As’ari dan Racana Nyai Siti Khadijah Dahlan yang berpangkalan di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Kegiatan ini diselenggarakan di alam terbuka dimana para peserta bersama – sama mendirikan tenda untuk berkemah di Bumi Perkemahan Kebanggaan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo.

Peserta juga diharuskan untuk memasak sendiri guna mengasah kemampuan mengolah bahan makanan menjadi sajian yang siap santap, selain itu juga untuk membangun kerja sama antar anggota Reka. Materi lain yang diberikan adalah Trauma Healing dan PMK yang disampaikan oleh tim BP-1315 Kwartir Cabang Sidoarjo, melalui pemberian materi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para peserta untuk mengetahui bagaimana cara penanganan apabila terjadi kebakaran.

Baca Juga  Dibuka Danramil Waru selaku Mabiran, Kwarran Waru Gelar Lomba Tingkat II

“Kami bangga dan berharap setelah dilantik menjadi Pramuka Pandega, mereka akan lebih aktif lagi menjalankan kegiatan kepramukaan baik di lingkup kampus, Kwarcab, Kwarda bahkan tingkat Nasional. Kami terus mendorong agar terciptanya prestasi yang luar biasa dari Gerakan Pramuka Univeritas Nahdlatul Ulama Sidoarjo”, ujar Kak Fajar selaku pembina UKM – Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Khatulistiwa Unusida.

Dalam kegiatan Penerimaan Tamu Racana kali ini, untuk pertama kalinya dilantik 21 anggota Pramuka Pandega tingkat pandega.(Red)

Kontributor KegiatanKak Maulidia – Pramuka Universitas NU Sidoarjo;
Pewarta PusinfoKak Uays Hasyim (Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo);

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *