#RebrandingPramuka Berita Gudep Perti

Upgrading Gudep PERTI Se-Kwarcab Sidoarjo

Pusinfo – Upaya peningkatan kualitas dan kemampuan kepramukaan di Gugus Depan yang berpangkalan di Perguruan Tinggi terus dilakukan oleh Kwartir Cabang. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Upgrading Gudep PERTI Se-Kwarcab Sidoarjo, Sabtu – Minggu 5 s.d 6 November 2022 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Daerah Jawa Timur Aargasonya Balongbendo Sidoarjo.

Diikuti oleh 59 orang peserta dan panitia anggota pramuka yang berasal dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Sidoarjo, diantaranya STKIP PGRI, UNUSIDA, UMAHA, UNSURI, AL KHOZINI. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai implementasi dari rencana kerja Kwartir Cabang Sidoarjo tahun 2022 sekaligus sebagai tindak lanjut hasil pertemuan pembina dan Racana Pandega tanggal 15 Oktober 2022.

Meski baru pertama kali dilaksanakan, namun hal ini menjadi tonggak awal kebangkitan Gerakan Pramuka Pandega di Gugus Depan yang berpangkalan di Perguruan Tinggi. Kegiatan dibuka oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo, Kak DR. H. Mustain Baladan didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Binawasa Kak Dr. Abdul Munif, MM dan Waka Bidang Bela Negara & Gudep Perti Ali Maskuri, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan ini merupakan salah satu wahana pembentukan karakter anggota pramuka di Perguruan Tinggi sekaligus mendorong diaktifkannya kembali kepramukaan di perguruan tinggi yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Dihubungi disela-sela kegiatan, Kak Fakhrur Rozy, S.Or., S.Pd.I., M.Pd., AIFO selaku Ketua Panitia sekaligus andalan cabang urusan gudep perti menyampaikan bahwa acara upgrading gudep perti ini dikemas dengan model perkemahan 2 hari 1 malam.

Berbagai materi disajikan untuk membekali setiap peserta kegiatan guna diaplikasikan di gudep pertinya masing-masing. Diantaranya materi manajemen organisasi yang diisi oleh anggota DKC Kwarcab Sidoarjo yaitu kak Aisy dan kak Nurina. Selain itu, mereka juga diberikan materi tentang pola pembinaan gugus depan yang berpangkalan di perguruan tinggi.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggeliatkan kembali kegiatan kepramukaan di gudep perti sekaligus dapat mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan kepramukaan di masing-masing gudep perti yang selama ini masih belum maksimal. Kegiatan kali ini juga menjadi ajang sharing pengetahuan dan keilmuan dalam berkegiatan antara gudep perti sehingga hambatan hambatan untuk memajukan gudep perti bisa terpecahkan. (Red)

Kontributor dan foto-foto kegiatan oleh : Kak Fakhrur Rozy, S.Or., S.Pd.I., M.Pd., AIFO – Andalan Cabang Urusan Gudep Perguruan Tinggi

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.