#RebrandingPramuka Berita Info Gudep

Pramuka SDK Untung Suropati II Terus Bergerak, Adakan Persari dan Perjusa

Pusinfo – Gerakan Pramuka gugus depan 01.083-01.084 pangkalan di SDK Untung Suropati II terus bergerak, membina para generasi muda bangsa agar menjadi calon pemimpin yang handal di masa yang akan datang. Berbagai kegiatan dilaksanakan sebagai wujud penerapan metode kepramukaan yang selama ini terus diajarkan kepada peserta didik. Seperti halnya kali ini, diselenggarakan kegiatan Persari (Perkemahan Sehari) untuk Pramuka Siaga dan Perjusa (Perkemahan Jum’at Sabtu) untuk pramuka penggalang.

Kegiatan Persari kali ini diikuti oleh anggota pramuka siaga yang ada di kelas 3 dan 4 dengan jumlah total 13 barung yang terdiri dari 7 barung putri dan 6 barung putra. Kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan ini, dilanjutkan dengan berbagai kegiatan lomba, diantaranya lomba benar-salah, mewarnai, Egrang, Dart, Puzzle. Kegiatan Persari kali ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 04 November 2022 pukul 08.00-12.00 WIB.

Sedangkan kegiatan Perjusa sendiri dilaksanakan pada hari Jum’at – Sabtu, 04 s.d 05 November 2022. Yang diikuti oleh pramuka penggalang 5 regu putra dan 4 regu putri. Paska kegiatan upacara pembukaan peserta diajak untuk mengikuti kompetisi berbagai maca mata lomba, diantaranya lomba melukis, hasta karya, tali temali, KIM dan TTG – Teknologi Tepat Guna.

Selanjutnya, kegiatan juga dilangsungkan perlombaan dibidang pionering, P3K, membuat jamu dan menghidangkan nasi goreng sebelum malamnya diisi dengan malam api unggun. Pada pelaksanaan api unggun juga dilangsungkan kompetisi semaphore dance antara regu peserta perjusa yang diakhiri dengan kegiatan renungan malam.

Lomba senam Pramuka juga digelar sabtu pagi yang dijadikan sebagai sarana berolah raga bersam-sama. Tak kalah mengasyikkannya dengan lomba-lomba yang lainnya, lomba ketangkasan yang terdiri dari : Dart, Menangkap Bola, Bola Mengalir, Lempar Kaleng juga melengkapi kegiatan Perjusa kali ini. Tidak meninggalkan ciri khas kepramukaan, kali ini juga dilangsungkan perlombaan terkait teknik kepramukaan, yakni lomba Semaphore, Sandi, Morse, PUPP, kompas, menaksir tinggi dan PBB.

Dalam penyampaiannya, Kepala SDK Untung Suropati II yang juga sebagai Kamabigus, Kak Regina Anjar menggebrak semangat seluruh peserta didik untuk mengikuti berbagai mata lomba dengan riang dan gembira. Sebab, semua perlombaan tersebut merupakan sebuah sarana untuk terus mengembangkan diri dan kepribadian peserta didik. (Red)

Kontributor dan dokumentasi kegiatan oleh : Kak Regina Anjar – Kamabigus SDK Untung Suropati II

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.