#RebrandingPramuka Berita

PENTA XXIII SMENDA SCOUT, BANGKITKAN PRAMUKA PENEGAK

PENTA XXIII – Penerimaan Tamu Ambalan angkatan ke – 23 Gerakan Pramuka SMKN 2 Buduran

Pusinfo – Gerakan Pramuka gugus depan 02.081 – 02.082 pangkalan SMKN 2 Buduran Sidoarjo atau yang sering disebut Smenda Scout, mengadakan PENTA XXIII – Penerimaan Tamu Ambalan angkatan ke – 23, Sabtu s.d Minggu 30 s.d 31 Juli 2022. Kegiatan yang diadakan di Sekolah ini, menggunakan sistem menginap selama 2 hari 1 malam. Lebih dari 450 anggota pramuka yang juga merupakan siswa baru ini, mengikuti kegiatan yang dikelola oleh Dewan Ambalan Teuku Umar – Cut Nyak Dhien.

Kegiatan yang diawali dengan upacara pembukaan, kali ini dibuka oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Sidoarjo – Kak DR. H. Mustain Baldan, M.Pd.I. Dalam sambutannya, kak Mustain demikian beliau akrab dipanggil menekankan perlunya kerja sama yang baik antara senior dan junior dalam gerakan pramuka. Senior mengarahkan dan menyayangi adik-adiknya, sedangkan yang junior menghormati kakak-kakaknya. Hal ini merupakan wujud dari pengamalan Dasa Darma Pramuka – Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa, sebagaimana slogan saudara-saudara kita yang ada di Indonesia timur, bahwa ‘’Torang Samua Basudara’’ (kita semua bersaudara). Kalimat  dialek Manado ini menginspirasi kita semuanya, bahwa di pramuka kita semua bersaudara, tidak membedakan ras, suku, bangsa, agama, bahasa dan budaya. Satu kesatuan bersama dalam persaudaraan bakti, dibawah untaian setangan leher merah putih.

Dalam dialog singkatnya, Dra. Hj. Mariya Ernawati, M.M selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan yang sekaligus Kepala SMKN 2 Buduran mengatakan bahwa Pramuka harus selalu siap berkarya dan bermanfaat untuk siapa saja, dimana saja dan kapan saja, utamanya untuk keluarga dan masyarakat disekitar kita. Melalui kegiatan PENTA XXIII tahun 2022 kali ini diharapkan setiap peserta dapat belajar bagaimana menempa diri agar bisa lebih bermanfaat bagi sesama, ungkapnya.

Dalam kegiatan 2 hari 1 malam ini, juga diberikan bekal ilmu kepramukaan kepenegakan oleh Kak Uays Hasyim, SE., M.M., CT.HLC., CPS yang sekaligus sebagai Kepala Pusat Informasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo. Dalam materi ini dimaksud agar seluruh peserta dapat memahami bagaimana kegiatan ini dijadikan sebagai proses pindah golongan dari penggalang ke penegak. Materi lainnya yang tak kalah pentingnya adalah Kepemimpinan yang diberikan langsung oleh Manager Teritory Area Sidoarjo PT. Era Jaya yaitu Kak Dwi Januar Putra Kusuma, sebuah perusahaan retail IT terbesar di Indonesia. Melalui materi ini diharapkan, peserta bisa mendapatkan langsung pengalaman dari anak muda usia 27 tahun yang berhasil malang melintang di dunia gadget wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, peserta juga diberikan materi Problem Solving yang diberikan oleh Kak Siti Khoiriyah, S.Pd., M.Pd.I yang juga memiliki pengalaman luar biasa di dunia training. Dengan bekal materi problem solving ini diharapkan mereka dapat belajar bagaimana mengatasi berbagai permasalahan kehidupan yang mereka alami, sehingga dapat bertumbuh lebih cepat dalam pendewasaan. Kegiatan ini dikemas sedemikian rupa dalam rangka mendorong percepatan kemajuan Smenda Scout, setelah 2 tahun kurang maksimal didalam pembinaan anggotanya di gugus depan, hal ini disebabkan kondisi pandemi yang melanda.(Red)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.