Bekali Dengan Water Rescue, Pramuka Khatulistiwa Unusida Gelar Penerimaan Tamu Racana

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Racana K.H Hasyim Asy’ari dan Racana Nyai Siti Khodijah Dahlan, Gugus Depan 01.241 – 01.242, Pangkalan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo sukses melaksanakan kegiatan Orientasi Dan Penerimaan Tamu Racana ke VIII pada hari Sabtu tanggal 29 Juni sampai Minggu tanggal 30 Juni 2024 yang bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo di Tanjek Wagir Kec. Krembung Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan Orientasi dan Penerimaan Tamu Racana 2024 atau yang disingkat dengan O-PTR 2024 adalah kegiatan perpindahan Golongan dari golongan Pramuka Penegak Ke Pramuka Pandega yang dimana Kegiatan Orientasi dan Penerimaan Tamu Racana (O-PTR) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk menyambut dan menerima secara resmi mahasiswa baru sebagai Tamu Racana di Racana KH. Hasyim Asy’ari dan Nyai Siti Chadijah Dahlan Gugus Depan 01.241 – 01.242 Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kak Muchammad Tamyis, S.Si., M. Si selaku Pembina Racana Putra K.H Hasyim Asy’ari pada Sabtu, 29 Juni 2024 pukul 08.00 dengan mengusung tema “Bhavana Estungkara Mahadharma” yang mana diikuti oleh 128 peserta dari mahasiwa aktif Universitas NU Sidoarjo.

Dari tema “Bhavana Estungkara Mahadharma” diharapkan kegiatan PTR ini dapat menjadi kegiatan yang bisa mengasah keterampilan, karakter dan pengetahuan peserta melalui berbagai kegiatan yang telah disediakan panitia serta dapat menghasilkan peserta yang sangup dalam mengahadapi sebuah problematik dengan berpedoman pada tindakan yang terpuji dan mulia dengan penuh dedikasi dan integritas. Banyak sekali kegiatan yang seru di dalamnya seperti di hari pertama para peserta bersama – sama mendirikan tenda untuk berkemah di Bumi Perkemahan Kebanggaan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo.

Baca Juga  Pacu Peningkatan Kemandirian melalui Pendidikan Kepramukaan di Alam Terbuka

Peserta juga diharuskan untuk memasak sendiri guna mengasah kemampuan mengolah bahan makanan menjadi sajian yang siap santap, selain itu juga untuk membangun kerja sama antar anggota Reka. Materi lain yang diberikan adalah Trauma Healing dan PMK yang disampaikan oleh tim BP-1315 Kwartir Cabang Sidoarjo, melalui pemberian materi ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi para peserta untuk mengetahui bagaimana cara penanganan apabila terjadi kebakaran.

Dihari kedua juga tidak kalah seru ada berbagai macam giat pagi yang telah disediakan panitia untuk peserta seperti kegiatan navrat, aeromodelling, water rescue yang mana ketika peserta mengikuti berbagai kegiatan akan meningkatkan keterampilan, kreativitas peserta seperti harapan pada tema yang sudah diusung. [Red]

Kontributor Foto : Maulidia Nur Rachmah, – Ketua Racana Putri;
Kontributor Kegiatan : Ainul Farisa, – Ketua Pelaksana O-PTR 2024;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *