Berita Info Gudep

SERU DAN DAPATKAN PENGALAMAN BARU

Kegiatan penerimaan anggota Gugus Depan SMP Negeri 1 Candi

Pusinfo – Berkemah menjadi hal yang sangat menarik dan ditunggu oleh semua anggota pramuka, karena kegiatan di alam terbuka ini memberikan banyak bekal dan pengalaman yang sangat berharga bagi setiap orang. Meski terkadang hanya berkemah di sekolah, hal ini juga sangat berkesan sebab nilai-nilai kemandirian setiap orang akan dipertaruhkan. Tidak hanya hal tersebut, namun keberanian dan kedewasaan berpikir juga diasah melalui kegiatan ini, selain itu juga segudang manfaat berkemah bagi setiap orang akan didapat.

Kegiatan penerimaan anggota gudep yang dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 Agustus 2022 ini di buka oleh kepala SMPN 1 Candi Kak Suyono, S.Pd., M.M., yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan – Kamabigus. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa selama bergiat diharapkan seluruh peserta selalu dalam kondisi yang gembira dan mandiri. Kegembiraan akan selalu menjadi ciri khas kepramukaan, kemandirian menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap anggota pramuka dimanapun berada.

Penerimaan anggota gudep kali ini diikuti oleh peserta sebanyak 360 pramuka penggalang dengan rincian putra 178 sedangkan putri sejumlah 182 dengan keseluruhan peserta adalah siswa baru. Mengangkat tema kegiatan kali ini Dengan Perkemahan kita mantapkan karakter pelajar Pancasila setiap peserta dibekali dengan materi kegiatan teknik kepramukaan meliputi tali simpul, sandi, Morse dan Peraturan Baris Berbaris atau PBB serta materi-materi lainnya yang sesuai dengan pramuka golongan penggalang.

Pada pelaksanaan kegiatan kali ini setiap peserta telah kelompokkan dalam satu regu, kegiatan juga disesuaikan sebagaimana model kegiatan Lomba Tingkat – 1 tingkat gugus depan, hal ini diharapkan dapat menjadi latihan bagi setiap anggota regu dapat lebih mudah memahami sistem perlombaannya sebagaimana perlombaan pada tingkat jenjang diatasnya. Kali ini kegiatan diketuai kak Indra W, dalam penyampaiannya beliau menjelaskan bahwa melalui kegiatan perkemahan dan kepramukaan siswa mampu menerapkan nilai nilai Pancasila dan Dasadarma dalam kehidupan sehari hari.

Dalam kesannya, peserta yang bernama Zalwa kelas 7 C mengatakan bahwa kegiatan perkemahan kali ini sangatlah seru serta menarik dan juga dapat menjadi pengalaman baru bagi seluruh peserta. Dalam pelaksanaan kegiatan kali ini diperoleh Regu terbaik adalah regu Garuda dan regu Dahlia. (Kotributor – Kak Indra W)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.