Totokromo Perlu Diugemi, Terapan Yang Diajarkan Bagi 470 Penegak SMAKIJA

Pusat Data dan Informasi Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Gerakan Pramuka Ambalan Ki Hadjar Dewantara – RA Kartini Gugus Depan 05.071-05.072 Pangkalan SMKN 1 Jabon (SMAKIJA) kembali bergiat dengan mengadakan mengadakan UKP (ujian kompetensi Pramuka) bagi anggota pramuka penegak yang duduk di kelas X.

Kegiatan yang dibuka oleh anggota Mabigus yang juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaaan kak Hanafi ini diikuti oleh 470 anggota pramuka. Pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan sistem jelajah napak tilas dari gudep pangkalan SMKN 1 Jabon menuju lapangan Koramil 0816/08 Jabon.

Pelaksanaan kegiatan kali ini juga melibatkan anggota TNI AD dari Koramil Jabon sebagai tim penguji sekaligus penguatan materi dasar Latihan Baris Berbaris – LBB kepada seluruh peserta. Serasa ada yang berbeda ketika baris berbaris ditangani langsung oleh anggota TNI, keseriusan peserta nampak penuh disiplin. Tak dapat dipungkiri, keberadaan pramuka yang lahir dan tumbuh dibawah bimbingan Baden Powell yang seorang Letnan Jenderal Kaveleri TNI AD Inggris.

Kegiatan yang merupakan ujian untuk peningkatan kompetensi pramuka para penegak ini adalah rangkaian ujian akhir Tahun untuk pengambilan nilai rapot. Ujian yang dilakukan melalui sistem penjelajahan kali ini juga digunakan untuk memberikan bekal Wiyata Mandala kepada seluruh peserta yang mengikutinya dengan penuh antusias.

Selain itu juga diujikan Semaphore, sandi-sandi, pionering dan pembuatan tandu dengan tetap bekerja sama sesama anggota dalam sangganya. Pelaksanaan ujian materi teknik kepramukaan ini merupakan salah satu sarana untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan kegiatan latihan pramuka yang selama ini telah dilaksanakan di gugus depan.

Kegiatan ini telah berjalan secara rutin selama ini, dengan sistem jelajah desa juga memberikan pembelajaran kepada para anggota pramuka penegak untuk mengenal medan dengan orientasi wilayah sekitar gugus depan. Hal ini menjadi bekal bagi setiap pramuka penegak untuk lebih cepat menyesuaikan atau beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan dinamis.

Baca Juga  Wujudkan Generasi Disiplin, Mandiri dan Berkarakter, Melalui Lomba Tingkat - 1

Melalui kegiatan ini pula ditanamkan agar “Totokromo perlu diugemi – Etika perilaku perlu untuk dipegang teguh”. Ini merupakan kewajiban bagi setiap anggota pramuka, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Senantiasa menghormati siapapun yang ditemuinya dengan sebagaimana ia ingin dihormati serta dihargai. Penerapannya, melalui perjalanan selama jelajah desa untuk selalu menghormati dan menghargai siapa saja yang ditemuinya selama perjalanan dari pos ke pos hingga ke gudep.[Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Warno – Pembina Satuan SMKN 1 Jabon;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *