Pesta Siaga Kwarran Krembung, Ajang Melatih Ketangguhan 290 Pramuka Siaga

Pusat Data dan Informasi Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Pramuka Siaga dari berbagai gugus depan se-Kwartir Ranting Krembung mengikuti Pesta Siaga 2024, Selasa 28/05/2024. Sebanyak 290 orang pramuka siaga mengikuti dengan antusias kegiatan perlombaan yang dikemas selayaknya anak-anak sedang melakukan pesta. Pesta Siaga kali ini membawa tema “Siaga berani dan tangguh.”

Para peserta beradu kreativitas, ketangkasan dan berjuang memenangkan berbagai perlombaan yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Tanjek Wagir Kecamatan Krembung. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 dengan diawali upacara pembukaan pesta siaga 2024 yang dibuka oleh Ketua Kwartir Ranting Krembung Kak Dra. Eny Wahyudati, M.Pd., LG.

Dalam sambutannya, Kak Dra. Eny Wahyudati, M.Pd., LG mengatakan bahwa, “Ajang Pesta Siaga 2024 Kwartir Ranting Krembung ini merupakan pestanya adik-adik pramuka Siaga yang dikemas dalam berbagai macam perlombaan. Siapapun yang menang tidak boleh menjadi sombong, dan siapapun yang belum juara tidak boleh merasa berkecil hati, terus berlatih, berlatih dan berlatih”.

Ditambahkan lagi oleh Kakwarran Krembung bahwa adik-adik Siaga selama mengikuti kegiata Pesta Siaga kali ini harus tampil dengan gagah berani berani, tangguh dan pantang menyerah. Karena itu menjadi modal utama untuk memenangkan persaingan dalam perlombaan antar peserta satu dengan lainnya.

Pesta Siaga 2024 Kwarran Krembung kali ini dilaksanakan oleh para Andalan Ranting Krembung sebanyak 11 orang dan bekerja sama dengan 9 orang pengurus Dewan Kerja Ranting Krembung. Hadir pula para Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan se-Kwarran Krembung.

Setiap Gugus Depan mengirimkan 10 orang peserta yang terdiri dari 5 orang pramuka siaga putra dan 5 orang pramuka siaga Putri. Ada 29 gugus depan yang ikut berpartisipasi dalam Pesta Siaga 2024 Kwarran Krembung kali ini. Mereka didampingi seorang Pembina Pendamping yang sering disebut Ayahanda atau Ibunda, sebagai pembiasaan panggilan kepada yang lebih tua.

Baca Juga  Festival Mangrove 3, Saka Wanabakti Sidoarjo Ikut Berpartisipasi Hijaukan Pulau Lusi

Ada enam macam lomba di dalam pesta siaga kali ini yaitu : Ranking Satu, Hafalan doa, Lempar bola kaleng, Memasukkan paku dalam botol, Mewarnai gambar dan Bola estafet. Masing-masing mata lomba dimenangkan oleh tiga anak yaitu juara 1, 2, dan 3 untuk kelompok putra dan Putri. Jadi ada 12 set piala yang telah direbutkan oleh peserta Pesta Siaga kali ini.

Selama kegiatan Pesta Siaga berlangsung, adik-adik peserta Pesta Siaga nampak semangat ceria berlomba. Adik-adik tampak sangat senang sekali meskipun kegiatan yang dilaksanakan di Kwarran Krembung ini setahun sekali. Mereka berharap bisa mengikuti kegiatan Pesta Siaga di kwaran Krembung tahun depan. [Red]

Kontributor :  Kak Dra. Eny Wahyudati, M.Pd., LG – Ketua Kwarran Krembung;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *