SBH Sidoarjo Menyala, Aksi Sinergi Pendidikan dan Pelatihan Dewan Saka Bakti Husada

Pusat Data dan Informasi Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Saka Bakti Husada Cabang Sidoarjo yang berpangkalan di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo melangsungkan kegiatan Pendidikan & Pelatihan bagi Dewan Saka Bakti Husada tingkat Cabang dan Ranting Se-Sidoarjo yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo mulai dari Jum’at (31/05/3024) sampai Minggu (02/06/2024). Adapun kegiatan ini diikuti oleh 23 Peserta yang terdiri dari Dewan SBH Cabang Sidoarjo serta perwakilan dari Dewan SBH Ranting Wonoayu dan Dewan SBH Ranting Krembung.

Adanya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dalam manajemen penyelenggaraan organisasi kesakaan dengan berdasar pada pada pemahaman manajemen kepramukaan, organisasi dalam lingkup Satuan Karya.  Melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan ini diharapkan Dewan Saka dapat mengasah kemampuan mereka serta mengembangkan kreativitasnya melalui kegiatan – kegiatan positif seperti yang dilakukan selama mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini sendiri mengusung tema “MENYALA: Membangun Energi Nyata untuk Aksi Luar Biasa” yang artinya Diklat ini mengajak partisipatif personal dari Dewan Saka untuk terus  bergerak dan semangat untuk selalu mengambil peran nyata serta tindakan luar biasa yang membawa perubahan positif bagi diri sendiri, lingkungan dan masyarakat luas.

Dalam kegiatan ini, SBH Sidoarjo menghadirkan Pemateri – pemateri hebat yang membagikan ilmunya meliputi tata kelola  / manajemen “Keorganisasian, kepemimpinan, komunikasi, konflik & etika” selain itu peserta juga dibekali pengetahuan dasar dalam bidang Kesehatan Remaja Kesehatan Remaja, keterampilan bermedia sosial, kewirausahaan, dll”.

Selain mendapatkan materi itu, peserta juga melakukan kegiatan Fast track challenge yakni sebuah kompetisi untuk melihat potensi besar Job creation yang bisa dilakukan antara lain pada sesi Scout Chef & Business Plan.

Baca Juga  RATUSAN PRAMUKA PENGGALANG IKUTI JAMBORE CABANG SIDOARJO TAHUN 2022

Selanjutnya peserta Diklat juga berkesempatan untuk melakukan advokasi Kampanye Kesehatan secara bersama – sama di Area Alun – alun Sidoarjo dan berwirausaha di Kawasan GOR Sidoarjo, dimana peserta menjual hasil olahan minuman berbahan dasar Bunga Telang sebagai implementasi Business Plan yang telah dilakukan,  pada Minggu (02/06/2024)

Dalam sambutannya, Kak Nur Hidayati Ningsih, S.KM selaku Sekertaris Pimpinan Saka SBH Cabang Sidoarjo yang juga merupakan Koordinator Bid. Promkes Dinkes Sidoarjo menyampaikan bahwa, “Semoga dengan adanya Diklat Dewan Saka Bakti Husada Cabang dan Ranting se-Sidoarjo ini peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat secara langsung ke Pangkalan SBH maupun gugus depan masing-masing, dan kami harap dengan adanya Dewan SBH Cabang Sidoarjo ini dapat menjadi penjembatan tangan Dinkes dengan SBH Ranting serta sebagai representasi Peran Pramuka yang terus aktif dalam menyuarakan serta mengkampanyekan pentingnya Kesehatan bagi manusia”.

Hal senada juga disampaikan oleh Kak Seno Harjono selaku Andalan urusan Satuan Karya (Saka) Kwarcab Sidoarjo yang memberikan pesan ditengah kehangatan Malam Unjuk Bakat & Seni (01/06/2024) “SBH Sidoarjo (Cabang) ini haruslah menjadi pendukung dan fasilitator untuk menghidupkan semangat Kepramukaan apalagi SBH di tingkat ranting Se-Sidoarjo itu memiliki banyak potensi besar, mengingat di Sidoarjo sendiri memiliki 31 Puskesmas yang siap memberikan fasilitas belajar bagi Kakak yang ingin bergabung di SBH, tentunya peran Dewan di cabang juga harus ikut dalam memberikan pendampingan khusus, menjadi pendengar aspirasi kakak-kakak serta mendukung penuh pelaksanaan kegiatan Saka Bakti Husada di ranting”. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Anwaruddin Al Wafi – SBH Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *