Pencapaian Gugus Depan Produktif Pramuka SMK YPM 3 Taman Peringati Dies Natalies

Pusinfo – Sudah lebih dari 50 gelas teh yang diolah dan di sajikan oleh anggota pramuka di hari ulang tahun ambalan yang ke 13, Minggu (18/02). Anggota pramuka sudah terbiasa dalam menyajikan teh tersebut. Karena di sekolah tim pramuka yang memiliki Ambalan Yudistira dan Srikandi membuka stand. Tidak hanya anggota pramuka saja yang membeli tetapi juga siswa -siswi serta bapak dan ibu guru SMK YPM 3 Taman.

Membuka stand es teh untuk di jual hanyalah salah satu produk yang di tawarkan pramuka yang memiliki nomor gugus depan 14.177 – 14.178. Dari penjualan produk yang mereka lakukan telah banyak membantu anggota pramuka lain. Salah satunya beasiswa dengan mengratiskan SPP sekolah.

Dalam sambutan pembukaan Dies Natalies Waka Gugus Depan mengapresiasi para anggota pramuka dan mengingatkan untuk terus menjaga etika dan Tindakan seperti yang ada dalam Dasa Dharma pramuka.

“ Pramuka juga harus memberikan keteladanan bagi rekan-rekannya dan membangun semangat persahabatan.” Ujar kak Agus Setiawan selaku Waka Gugus Depan.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh anggota ambalan, purna ambalam serta Pembina Satuan. Bukan hanya sekedar bersyukur dalam pencapaiannya. Tapi ada hiburan berupa seni tari tradisional yang ditunjukkan oleh tiap sangga untuk meramaikan kegiatan. Ada juga permainan-permainan ringan untuk menunjukkan persaudaraan antar anggota pramuka dan juga purna ambalan.

“Menjadi pramuka penegak bukan hanya tentang pramuka yang biasa saja, tetapi ia memiliki ciri khas dan adat yang diterapkan, maka ia harus menjadi pramuka penegak yang produktif dan mandiri”. Tambah Kak Andri di sela-sela pembukaan.

Melalui kegiatan ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan antar anggota ambalan, purna ambalan, dan juga Pembina satuan. Dalam kegiatan ini dilaksanakan juga prosesi potong tumpeng yang dilakukan oleh Pembina satuan dan diberikan kepada Waka Gugus Depan.

Kegiatan yang dilakukan di ruang terbuka, memberikan arti tersendiri dan makna. Bahwa pramuka harus berkegiatan diluar ruangan agar memahami betul Metode  Kepramukaan. Dan setidaknnya memberikan pikiran terbuka bagi pramuka penegak yang sedang berproses. Lewat Dies Natalies semoga menjadikan GugUs Depan dan Satuan Ambalannya tetap produktif dan mandiri seperti harapan Gerakan Pramuka. terutama kwartir jawa timur, setiap gugus depan memiliki produk sendiri. Jayalah Ambalanku, Majulah Gugus Depanku. [Red]

Kontibutor Kegiatan : Reyhandre Ramadhan – Pemangku Adat Putra

Pewarta Pusinfo : Agus Andrianto – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo

2 thoughts on “Pencapaian Gugus Depan Produktif Pramuka SMK YPM 3 Taman Peringati Dies Natalies

  1. Semangat selalu Pramuka SMK YPM 3 Taman, kembangkan selalu dalam berwirausaha.

    Saran untuk penulis : mungkin bisa di tampilkan produk yg dimiliki pramuka SMK YPM 3 Taman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *