Gelar Penyematan Bintang Tahunan, Apresiasi Loyalitas Para Penegak dalam Pengabdian

Pusinfo – Loyalitas para pramuka penegak yang menjadi pengurus Dewan Ambalan Teuku Umar – Cut Nyak Dhien gugus depan 02.081 – 02.082 pangkalan SMK Negeri 2 Buduran diapresiasi dengan pemberian penghargaan Bintang Tahunan. 9 orang pramuka penegak laksana yang selama ini telah menggerakkan roda organisasi dewan ambalan ini nampak sumringah.

Kegiatan pemberian penghargaan yang dirangkai dengan penyematan badge ambalan dan sangga untuk seluruh anggota pramuka ini dilaksanakan di lapangan utama SMK Negeri 2 Buduran, Jum’at 12/01/2024. Proses upacara dipimpin langsung oleh Pembina Satuan gugus depan yang dikenal dengan Smenda Scout berjuluk Lion Campus, yakni Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS.

Dalam amanatnya, disampaikan bahwa, “Ada 3 kunci keberhasilan dalam menempuh pendidikan di sekolah guna menunjang masa depan adik-adik sekalian, pertama Kedisiplinan – hal ini menjadi persyaratan mutlak jika ingin berhasil. Kedua Aktif Kolaboratif, keterlibatan aktif dengan berkolaborasi diorganisasi akan menambah pengetahuan dan pengalaman melalui learning by doing dan learning by experience,” ujarnya dalam sambutan.

Dalam organisasi, kita juga diajarkan untuk memenuhi kunci yang ketiga, yaitu jejaring atau networking. Ini sangat dibutuhkan hingga nanti para anggota pramuka terjun dimasyarakat disetiap bidang keahliannya. 3 hal ini menjadi kunci pokok setiap anggota pramuka untuk terus berproses menjadi manusia Dasa Darma dan Trisatya, yakni Ikut serta membangun masyarakat.

Gugus depan yang dibimbing oleh Kak Dra. Hj. Mariya Ernawati, MM ini terus berbenah untuk dapat menjadi gugus depan unggul dan menjadi contoh bagi gugus depan lainnya dalam hal pembinaan pramuka penegak di Sidoarjo. Hal ini diwujudkan dengan pemberian penghargaan atas loyalitas pengabdian para pramuka penegak berupa Bintang Tahunan.

Baca Juga  KENALKAN ORGANISASI SEJAK DINI, PRAMUKA SMP NEGERI 3 WARU ADAKAN PERSAMI

Selain itu, seluruh kegiatan kepramukaan didukung dengan sumberdaya pembina yang cukup mumpuni dan berkompeten dengan lebih dari 12 orang pembina dimana 2 diantaranya telah mengantongi sertifikat Kursus Pelatih Dasar (KPD) dan selebihnya telah mengikuti KMD maupun KML golongan penegak. Begitu juga dengan sarana prasarna gugus depan berupa Sanggar Bakti Pramuka permanen ukuran 3,5 x 8 meter untuk berkegiatan. [Red]

Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *