#RebrandingPramuka Berita Satuan Karya

Saka Wanabakti Sidoarjo Rintis Generasi Peduli Hutan Dan Jaga alam

Pusinfo – Satuan Karya Pramuka (SakaWanabakti adalah Satuan Karya dalam Gerakan Pramuka Indonesia yang memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan khusus di bidang kehutanan dan lingkungan hidup serta menanamkan rasa cinta dan tanggung jawab dalam mengelola sumberdaya alam.

Sekitar 50 pramuka penegak dan pandega dari beberapa SMA/SMK/MA di wilayah Sidoarjo mengikuti Penerimaan Tamu Saka Wanabakti Sidoarjo yang diadakan di UPT Dinas Perbenihan & Pembibitan Dinas Kehutanan Jatim Jl. Raya Kemiri Desa Kemiri Sidoarjo, hari Minggu tanggal 13 November 2022 Pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Kegiatan yang mengusung tema Merintis Generasi Peduli Kehutanan dan Menjaga Alam ini dibuka oleh Kak Azelin, M.Pd selaku Pamong Saka Wanabakti. Selanjutnya, peserta Penerimaan Tamu Saka Wanabakti Sidoarjo kali ini juga diberikan bekal materi tentang Postur Penegak Pandega Satuan Karya oleh kak Setyo Nugroho, S.T selaku Andalan Cabang Urusan Satuan Karya.

Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa Satuan Karya haruslah menarik, menantang, berkarakter dan setiap berkegiatan harus dilakukan analisa manajemen resiko. Tidak hanya itu, mereka juga diberikan pembekalan tentang Satuan Karya Wanabakti yang diberikan oleh Kak Sahal.

Selain itu, melalui kegiatan Penerimaan Tamu Saka Wanabakti Sidoarjo diharapkan dapat menumbuh kembangkan kader observasi hutan dan Pramuka Penegak yang peduli pada alam sebagaimana yang tertuang dalam Dasa Darma yang ke 2, yakni Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Saka yang bergerak dalam bidang cinta kehutanan dan lingkungan hidup ini terselenggara berdasarkan Keputusan bersama antara Departemen Kehutanan Republik Indonesia dan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang ditandatangani pada tanggal 27 Oktober 1983 di Jakarta.

Penyelenggaraan Saka Wanabhakti dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Perum Perhutani ataupun dengan LSM lingkungan hidup. Latihan dan kegiatan Saka Wanabakti diselenggarakan di tingkat Kwartir Ranting (Kecamatan) atau Kwartir Cabang (Kabupaten/Kota).

Anggota pramuka Saka Wanabhakti adalah:

  • Pembina Pramuka sebagai Pamong Saka (Pendidik) dan Instruktur.
  • Pramuka Penegak (usia 16-20 tahun) sebagai peserta didik
  • Pramuka Pandega (usia 21-25 tahun) sebagai peserta didik
  • Pramuka Penggalang (usia 11-15 tahun) juga dapat mengikuti kegiatan saka Wanabakti sebagai peminat.

Kelompok Krida dan SKK Saka Wanabhakti, yaitu:

  1. Krida Tata Wana yang meliputi SKK perisalah hutan; pengukuran dan pemetaan hutan; dan penginderaan jauh.
  2. Krida Reksa Wana yang meliputi SKK keragaman hayati; konservasi kawasan; perlindungan hutan; konservasi jenis satwa; konservasi jenis tumbuhan; pemanduan; penelusuran gua; pendakian; pengendalian kebakaran hutan dan lahan; pengamatan satwa; penangkaran satwa; pengendalian perburuan; dan pembudidayaan tumbuhan.
  3. Krida Bina Wana yang meliputi SKK konservasi tanah dan air; perbenihan; pembibitan; penanaman dan pemeliharaan; perlebahan; budi daya jamur; dan persuteraan alam.
  4. Krida Guna Wana yang meliputi SKK pengenalan jenis pohon; pencacahan pohon; pengukuran kayu; kerajinan hutan kayu; pengolahan hasil hutan; dan penyulingan minyak astiri. (Red)

Kontributor & Foto Kegiatan : Kak Azelin, M.Pd dan kak Setyo Nugroho, S.T;

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.