Semarakkan Hari Santri SBH Sidoarjo ikuti Aksi Bergizi bersama Santri

Pusinfo – Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo mengandeng SBH Sidoarjo melakukan kegiatan Aksi Bergizi dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (Jum’at, 27/10/2023). Kegiatan ini relevan dengan komitmen pemerintah untuk menurunkan angka stunting serta anemia pada remaja putri, khususnya dengan memberikan perhatian khusus dengan mengedukasi serta membagikan tablet tambah darah bagi santri putri.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Amanah Desa Junwangi, Kecamatan Krian dengan tujuan untuk mengajarkan pola hidup sehat pada santri, menghimbau serta mengajak santri untuk minum tablet tambah darah guna mencegah anemia dan stunting. Bahkan Kepala Dinkes Sidoarjo, Dr. Fenny Apridawati, S.KM., M.Kes. juga menyampaikan tentang pentingnya Minum Tablet Tambah Darah itu penting guna mencegah Anemia.

Selain itu melalui kegiatan ini juga menjadi sarana implementasi program Krida Keluarga sehat yang mengatur tata laksana pada penyehatan remaja sebaya dan Krida PHBS baik di lingkup pondok pesantren maupun sekolah. Terdapat beberapa aksi diantaranya yaitu, senam bersama, makan bersama sesuai dengan isi piringku, minum tablet tambah darah, dan juga edukasi kesehatan yang diikuti oleh seluruh tamu undangan beserta peserta kegiatan.

Selain itu kegiatan ini juga melibatkan banyak pihak karena didalamnya juga terdapat penandatanganan komitmen lintas sektor untuk mewujudkan Sidoarjo bebas stunting, unsur-unsur yang terlibat diantaranya yaitu, Santri beserta ustadz/ustadzah di seluruh Ponpes Se-Kabupaten Sidoarjo, Puskesmas, Dinas Kesehatan Sidoarjo, Dinas Pendidikan Sidoarjo, dan juga Kemenag Sidoarjo.

Menurut Izzatun Nafisah dan Ghania Aira selaku santriwati yang mengikuti kegiatan ini, mereka amat senang dengan adanya kegiatan ini karna dapat makan bersama dengan menu sehat, menjadikan badan lebih sehat karna adanya senam tadi pagi, juga dapat mengenal “apa itu Stunting”.

Baca Juga  Bekali Scouting Skill & Manajemen Resiko Guna Wujudkan Anggota Satuan Karya Yang Tangguh

Ustadz A. Muwafid Setiawan M.pd selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini juga menyampaikan amat mendukung kegiatan ini, “Alhamdulillah seluruh santri dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, prepare dari panitia juga cukup baik, dan kami sampaikan terimakasih untuk Dinas Kesehatan Sidoarjo karna adanya kegiatan yang positif ini,” katanya. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Anwaruddin Al Wafi – SBH Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *