Geliat Gugus Depan Pangkalan SMK Arilangga Sidoarjo, Setelah Lama Tiarap

Pusinfo – Gugus depan 01.193 – 01.194 Pangkalan SMK Airlangga Sidoarjo terus menggeliat. Kegiatan kepramukaan kembali digeber menjadi salah satu esktrakurikuler yang menarik dibawah binaan kak M Imam Asroni, S.Pd., MM.

Keberadaan gerakan pramuka yang lazim disebut Paskhas Prangga SMK Airlangga Sidoarjo ini, memulai latihan rutinnya. Ambalan Diponegoro dan Cut Nyak Dien ini memulai latihan rutin atau kegiatan rutin pramuka dengan upacara pembukaan dan diakhiri upacara penutupan latihan.

Dibawah arahan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Kak Hastuti, SE diharapkan kedepannya pramuka di SMK Airlangga bisa lebih maju dan lebih tertib administrasi satuan serta gugus depan. Memang hal ini tidaklah mudah, namun kerja keras serta kolaborasi bersama baik pengurus dewan ambalan, pembina satuan dan gudep serta Kamabigus tentunya dapat mewujudkan hal ini.

Geliat pramuka penegak ini juga menjadi momentum kebangkitan pramuka penegak di Sidoarjo. Gugus depan berbasis penegak mulai berbenah, meskipun selama ini sebetulnya telah aktif dengan berbagai macam kegiatannya.

Sebagaimana kita pahami bersama, bahwa dunia penegak diibaratkan oleh Baden Powell sebagaimana anak muda yang menaiki perahu atau kolenya sendiri. Pembina pramuka penegak tidaklah menjadi satu kole dengan adik didiknya, namun berperahu sendiri. Hal ini seperti yang diyakini para pramuka penegak, prinsip Dari, Oleh dan Untuk – DOU Pramuka penegak itu sendiri.

Keberadaan gugus depan penegak masih banyak yang tidak menyadari akan peran utama pramuka penegak itu sendiri sebagai Subyek bukan obyek pembinaan. Perlu pembinaan dan edukasi lebih baik lagi agar semakin memahami bagaimana dunia pembinaan penegak yang seharusnya.

Keberadaan pembina satuan maupun gugus depan yang selama ini ditentukan oleh sekolah, sesungguhnya harus diubah menjadi atas dasar usulan peserta didik pramuka penegak melalui musyawarah ambalan, sehingga akan sejalan dengan apa yang menjadi kemauan penegak itu sendiri.

Baca Juga  MENAPAK PRESTASI DENGAN HATI

Potensi yang dimiliki pramuka penegak di SMK Airlangga Sidoarjo ini sangatlah besar untuk terus dikembangkan. Melalui pramuka, nilai-nilai kehidupan yang dapat diterapkan untuk menunjang pembelajaran di sekolah, tentunya akan dapat selaras dan sinergis untuk mendorong perubahan serta peningkatan pembinaan karakter dan kepribadian anggotanya. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak M Imam Asroni – Pembina Satuan SMK Airlangga;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *