Bekali Kemandirian dan Kepedulian Lingkungan Melalui Perjusa Pramuka Penggalang SMP Santa Maria Sidoarjo

Pusinfo – Sejak muda anak-anak perlu dibekali kemandirian dan kepedulian terhadap lingkungan, hal ini yang diajarkan oleh para pembina dalam kegiatan Perkemahan Jum’at Sabtu – PERJUSA, 20-21/10/2023 di kampus St. Maria Sidoarjo – SMP Santa Maria Sidoarjo.

Kegiatan ini diikuti oleh 164 pramuka penggalang yang mengambil tema kegiatan adalah “Bersama pramuka kita bangun orang muda Serviam”. Acara ini dibuka oleh kepala sekolah selaku Kamabigus – Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka SMP Santa Maria Sidoarjo, Ibu Theresia Indryastuti Yumiartanti, S.Sos.

Dalam sambutannya, kak Theresia menyampaikan, “Kami berharap semoga seluruh peserta dapat mengimplementasikan semua hal yang di dapat dalam kegiatan ini, baik dalam lingkungan sekolah maupun masyarakat. Sekaligus adik adik harus selalu bersemangat dan menjaga kesehatan dalam mengikuti kegiatan Perjusa ini hingga selesai”, ucapnya.

Ada 3 kegiatan bersamaan paska upacara pembukaan, yaitu SMS (Sandi Morse Semaphore), memasang Tenda, dan P3K. Selanjutnya adik-adik diberikan waktu istirahat dan akhirnya diminta untuk melakukan 3 kegiatan lagi yang bersama pula yaitu mandi, PBB, dan jelajah alam. Malam hari kegiatan dilanjutkan dengan api unggun dan pentas seni serta di hari pertama diakhiri dengan renungan malam.

Pada hari kedua adik-adik diminta untuk melakukan kegiatan susur sampah disekitar lokasi sekolah dan belanja bahan masakan pada penjual sayur, untuk kemudian memasaknya. Setelah memasak adik-adik membersihkan tempat tidurnya dan bersiap untuk kegiatan upacara penutupan Perjusa.

Kegiatan dibahwa koordinasi Pembina Kak Yohanes De Brito P. S dan Ketua pelaksana kegiatan ini adalah kak Randy Alfin Mandagi, S.Sos serta dibantu tim pembina pramuka Natawara (Kak Gun, Kak Rico dan Kak Fajar) ini berlangsung semarak, semangat adik-adik menjadikan kegiatan ini semakin menarik. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan sikap pramuka dalam diri adik-adik yang selalu berpedoman pada nilai-nilai Serviam.

Baca Juga  TANAMKAN JIWA KSATRIA SESUAI NILAI LUHUR DASA DARMA

Seluruh kegiatan di ikuti adik-adik dengan antusias dari memasang tenda, jelajah alam, penyalaan api unggun dan pentas seni. Dan semoga apa yang di dapatkan adik-adik dalam kegiatan ini dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari hari baik di sekolah maupun di masyarakat. Dan semoga kegiatan seperti ini dapat di ulang kembali dan di lakukan dengan durasi hari yang lebih lama. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Deri – Pembina Pramuka SMP Santa Maria Sidoarjo;
Kontributor Foto : Kak Gun, Kak Fajar  – Tim Pembina Natawara Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *