Gudep SMK Negeri 3 Buduran belajar Kesiapsiagaan Bencana

Pusinfo – Sidoarjo (16/10). Gugus Depan 02.083 – 02.084 Pangkalan SMK Negeri 3 Buduran kembali melanjutkan agenda Pembentukan Gugus Depan Aman Bencana. Setelah sebelumnya mendapatkan materi Manajemen Risiko dan Pengurangan Risiko Bencana bagi Pramuka. Kini, pada tahap pertemuan kedua, mereka mendapatkan materi Wawasan SPAB Gudep atau Gudep Aman Bencana dan pembentukan Tim Siaga Bencana Gugus Depan.

Ada sebanyak 30 orang anggota Gudep mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan yang dilakukan secara rutin tiap sebulan sekali ini akan menjadi kegiatan yang merupakan rintisan menuju Gugus Depan Aman Bencana.

Pada materi kemarin, dijelaskan secara gamblang oleh Fasilitator Nasional Gudep Aman Bencana, kak Aslichatul Insiyah bahwa keselamatan jiwa anggota Pramuka juga harus dipikirkan.

Sebagai warga negara Indonesia yang hidup di negara yang memiliki potensi bencana yang beragam, setiap bagian dari masyarakat harus mengetahui cara bersiap siaga terhadap bencana, termasuk juga anggota Pramuka.

Materi kali ini menjelaskan juga pilar-pilar yang harus ada untuk menopang ketangguhan Gugus Depan dalam menghadapi bencana. Antara lain yaitu pilar 1 tentang Lokasi Gudep yang Aman. Pilar 2 yaitu Manajemen Bencana di Gudep, dan yang ke-3 yaitu Kebijakan Pengurangan Risiko Bencana pada Gugus Depan.

Dalam kesempatan yang baik kali ini juga akan dibentuk Tim Siaga Bencana Gugus Depan yang nantinya akan bertugas sebagai pelaksana lapangan bila terjadi bencana.

Pembina Gugus Depan Kak Umi Kalsum, S.Pd., Menyambut baik atas adanya kegiatan tersebut sehingga beliau pun turut menyemangati adik-adik Penegak SMKN 3 Buduran agar fokus dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dari fasilitator.

“Ilmu ini sangatlah penting, maka, kalian semua harus semangat dan fokus. Selanjutnya agar bisa diterapkan sebaik-baiknya di Gugus Depan kita” Ujar beliau yang disambut dengan antusias juga oleh adik-adik Penegak. [Red]

Baca Juga  LPP 2023 Ajang Pembuktian Kualitas Penegak se-Kwartir Cabang Sidoarjo
Kontributor Kegiatan : Kak Azelin – Anggota Tim Pelatih Kwarcab Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *