Ajang Kompetisi dan Prestasi Pramuka Penggalang, Kwarran Buduran adakan LT-2

Pusinfo – Helatan kompetisi pramuka penggalang antar gugus depan ditingkat Kwartir Ranting kembali digelar oleh Kwarran Buduran. Lomba Tingkat II Kwarran Buduran dengan mengambil tema “TERAMPIL CERIA BERKARAKTER” dilaksanakan, Senin – Rabu, 16 s.d 18 Oktober 2023 di Bumi Perkemahan Sasana Krida Jatijejer Trawas Mojokerto.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Ranting Buduran Kak Idha Rukiyatimah, S.Pd., MM ini diikuti oleh 459 orang pramuka penggalang yang terdiri dari 39 Regu pramuka penggalang tingkat SD/MI dan 7 Regu pramuka penggalang tingkat SMP/MTs se-Kwartir Ranting Buduran. Turut hadir pula para Kamabigus dan jajaran andalan ranting gerakan pramuka Buduran.

“Sebagai seorang anggota pramuka, adik-adik harus bisa menerapkan dasa darma pramuka yang menjadi panduan kebaikan bagi seluruh anggota pramuka. Pada kegiatan di alam terbuka seperti LT-II kali ini, kita semua harus dapar menerapkan Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, begitu juga dengan patriot yang sopan dan kesatria”, ujar kak Idha dalam sambutannya membuka kegiatan LT-II Kwarran Buduran.

“Selain itu juga dasa-darma lainnya, sehingga dalam kompetisi kali ini adik-adik harus siap menang maupun siap kalah, hal ini menjadi wujud sikap kesatria seorang pramuka. Yang menang jangan jumawa dan persiapkan diri untuk mengikuti jenjang LT selanjutnya, yang kalah tetaplah terus berjuang, hingga suatu saat kemenangan akan datang”, pungkas kak Idha memotivasi seluruh peserta.

Pelaksanana kegiatan ini juga dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti LT-3 Kwarcab Sidoarjo. Seluruh peserta berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dan nantinya jika menang akan mewakili Kwarran Buduran untuk ke jenjang LT-3. Lomba tingkat yang tentunya memiliki tingkat tantangan yang lebih berat dibadingkan ditingkat kwartir ranting.

Perlombaan bergengsi pramuka penggalang ditingkat kwartir ranting ini, juga dilaksanakan oleh beberapa kwartir ranting lainnya yang lebih dulu menyelenggarakan. Kompetisi ini juga berguna untuk mengukur kualitas dan kemampuan peserta serta pembina dalam latihan pramuka selama ini di gugus depannya masing-masing.

Perlu rasanya dipahami bersama untuk merubah pola pikir dari melihat gugus depan sebagai obyek kompetisi dan kegiatan, menjadi aset yang dimiliki oleh setiap kwartir ranting. Sudah saatnya kwarran kembali TURBA alias Turun ke Bawah untuk menengok alias sambang gugus depan. Merangkul kembali semua gudep yang ada baik yang Sekolah Dasar Negeri, Swasta, Madrasah Ibtidaiyah bahkan SMP Negeri dan Swasta serta MTs yang ada diwilayahnya masing-masing agar kembali Guyub Rukun Memajukan Gerakan Pramuka di Kwartir Rantingnya masing-masing. [Red]


Kontributor Foto Kegiatan 
: Kak Arief Rahman H – Andalan Ranting Buduran;
Kontributor Data Kegiatan : Kak Suswiyono Andalan Ranting Buduran;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *