Dinas Kesehatan Libatkan SBH Sidoarjo dalam Pelaksanaan Posyandu Keluarga

Pusinfo – Satuan Karya Bakti Husada (SBH) Sidoarjo ikut dilibatkan bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dalam kunjungan pembinaan serta monitoring dan evaluasi kegiatan 2 Posyandu Keluarga yang menjadi posyandu percontohan dalam mendukung transformasi layanan kesehatan keluarga di Kabupaten Sidoarjo, Selasa (10/10/2023).

Kegiatan ini juga relevan dalam implementasi program Krida Keluarga sehat yang mengatur tata laksana mengenai penyehatan Keluarga melalui pemeriksaan dan pemantauan kesehatan, kegiatan posyandu keluarga ini diselenggarakan di 2 lokasi yang berbeda yakni di Balai Desa Semambung, Kec. Gedangan dan Balai Desa Wonoayu, Kec. Wonoayu – Sidoarjo pada Selasa, 10 Oktober 2023

Unsur yang terlibat dalam kegiatan pembinaan dan monev pada posyandu keluarga sehat antara lain mulai dari perangkat desa, bidan desa, Promkes Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo serta staf puskesmas yang ada di Kecamatan Gedangan dan Wonoayu, selain itu juga ada unsur dari kader desa sebagai petugas pelayanan, ahli gizi & nutrisionis, serta anggota pramuka SBH Sidoarjo.

Rangkaian kegiatan posyandu ini dimulai dari pendaftaran warga, kemudian screening kesehatan yang meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, test pendengaran, pengelihatan, tensi darah, dll, selanjutnya dilakukan pencatatan hasil screening, pemberian vitamin atau imunisasi (bagi balita) serta dilanjut penyuluhan dan pemberian makanan tambahan (PMT).

Kegiatan posyandu ini dilaksanakan oleh para kader kesehatan desa yang di dampingi oleh pihak Puskesmas dengan sasaran mulai dari ibu hamil, bayi, balita, remaja, usia produktif hingga lansia. Kegiatan posyandu ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan dasar dengan sistem satu pintu (menyeluruh)

Selanjutnya Promkes Dinas Kesehatan Kab. Sidoarjo bersama dengan Kakak kakak dari SBH Cabang Sidoarjo melakukan diskusi untuk memaparkan hasil monitoring dan evaluasi yang telah diamati sejak mulai persiapan, pelaksanaan kegiatan posyandu keluarga di 2 desa tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan inovasi program guna memperbaiki kinerja posyandu keluarga di kegiatan mendatang.

Baca Juga  Pramuka SD Negeri Banjarwungu 1 Tarik Untuk Pertama Kalinya Gelar LT-1

Adanya posyandu keluarga mendapat respon yang sangat positif dari berbagai pihak. Bahkan para kader kesehatan pun sangat mendukung adanya kegiatan posyandu ini. “Adanya posyandu keluarga ini ya kak Alhamdulillah sangat mempermudah masyarakat dalam melakukan deteksi dini yang lebih efektif, dan masyarakat memberikan respon positif dengan adanya posyandu keluarga, jadi mereka sudah tidak perlu menunggu jadwal posyandu secara berkala, kalau dulu kan ada jadwal ya Kak. Minggu ke 1 posbindu, Minggu ke 2 Posyandu Remaja, Minggu terakhir posyandu lansia, dll. Sedangkan program terbaru ini sudah layanan satu pintu jadi siapapun bisa langsung datang ke posyandu” ujar Bu Saroh yang merupakan Kader Desa Semambung.

Selain itu tanggapan positif Juga disampaikan oleh pengunjung posyandu. “Bagus, sangat membantu, petugasnya ramah telaten, pelayanan bagus sesuai dengan aturan pemerintah terkait kesehatan. Contohnya dengan pemberian Vitamin A di bulan ini dan bulan sebelumnya pemberian obat cacing” ucap salah satu pengunjung di posyandu keluarga Desa Wonoayu. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Anwaruddin Al Wafi – SBH Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *