Pramuka SMP Jati Agung Wage Taman, Adakan Persami, LT – 1 dan Pelantikan Dewan Galang

Pusinfo – Siapkan ketrampilan guna menghadapi tantangan dunia yang terus berkembang, gerakan pramuka SMP Jati Agung Wage Taman Sidoarjo adakan kegiatan Persami yang dirangkai dengan Lomba Tingkat 1 dan Pelantikan Dewan Galang, Jumat – Sabtu, tanggal 22 – 23 September 2023.

Kegiatan yang dibuka oleh Kamabigus kak Shona Maharany Fuad, S.Iip ini, bertujuan untuk meningkatkan sikap mandiri dan tangguh anggota pramuka SMP Jati Agung. Selain itu juga diadakan Lomba Tingkat 1 atau LT-1, dan Prosesi Pelantikan Dewan Galang.

LT-1 ini juga bertujuan untuk menyeleksi siswa yang akan diikutkan dalam Lomba Tingkat II nanti. Lomba dalam LT – 1 ini sangat bervariatif, ada lomba pionering membuat tiang bendera,  yel-yel dan jingle, PPGD, lomba Semaphore Sandi Morse, PBB, Tali temali dan lainnya.

“Pramuka sebagai wadah untuk bertumbuh dan berkembang. Sesuai dengan prinsip dan nilai yang ada dalam Dasa Dharma Pramuka, kita memiliki kesempatan untuk melatih kepemimpinan, kreatifitas dan ketangkasan yang akan bermanfaat sepanjang hayat bagi semesta alam”, ungkap Shona Maharany Fuad, S.Iip dalam sambutannya membuka acara.

Pembina pramuka penggalang SMP Jati Agung Kak Luluk Churbaniyah juga berpesan agar para pengurus Dewan Galang senantiasa amanah dan semangat dalam mengemban tanggung jawab yang diberikan. Kegiatan diikuti sejumlah 140 siswa dimana kesemuanya adalah pramuka penggalang.

Acara Perkemahan Jumat Sabtu ini diketuai oleh Kak Hilmi Musyaffa’ dari SMP Jati Agung. Pada hari pertama, diawali dengan upacara pembukaan LT-1oleh Kamabigus SMP Jati Agung, dilakukan juga prosesi pelantikan Dewan Galang. Setelah itu dilanjut dengan lomba-lomba yang sudah ditentukan. Hari pertama yaitu lomba pionering tiang bendera, yel-yel dan jingle, kreasi seni, tali temali dan PBB. Setelah itu dilanjutkan dengan upacara api unggun dan malam keakraban.

Baca Juga  Persada I Sako Pramuka Kwarcab Sidoarjo Sukses Digelar, Bina dan Jaga Persaudaraan Bakti

Pada hari kedua, peserta LT-1 melakukan jelajah alam di sekitar SMP Jati Agung, kemudian mendapatkan materi tentang Sandi.  Setelah semua lomba sudah dilaksanakan, kegiatan ditutup dengan upacara penutup sekaligus pembacaan pemenang lomba dan penyerahan hadiah.

Harapan dari kegiatan ini peserta tumbuh menjadi anggota pramuka yang mandiri dan berdedikasi, serta terpilihnya kandidat untuk maju ke LT-2 jenjang selanjutnya. Panitia juga berharap kegiatan perjusa ini bisa menjadi kenangan indah bagi anggota pramuka SMP Jati Agung, serta menjadi reminder agar terus bersemangat mengikuti kegiatan pramuka selanjutnya.

Peserta LT-1 sangat antusias dalam melaksanakan semua lomba dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Bahkan mereka banyak yang berkata : “kak, seru banget, kita udah latihan dari 3 minggu yang lalu, sering sering ya kak bikin acara kayak gini”, ujar mereka. [Red]


Kontributor Kegiatan
: Shona Maharany F, S.Iip – Kamabigus SMP Jati Agung Wage;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *