Sanggar Bakti Pramuka Kwarran Candi Diresmikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo

Pusinfo – Wakil Bupati Sidoarjo yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo Kak H Subandi, SH meresmikan Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Ranting Candi yang berada di Jl. Moch. Ridwan Desa Gelam Kec. Candi Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Turut hadir mendampingi, Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo, Kamabiran Candi beserta jajaran Forkopimka (Polsek, Koramil, Puskesmas dan Kepala KUA Kec. Candi). Selain itu juga Ketua Kwarran Candi bersama seluruh andalan, para pelatih, pembina dan DKR serta para penegak yang ada di Kwarran Candi.

Dalam sambutannya, Kak Subandi menyampaikan, “Alhamdulillah Kwarran Candi telah mampu membangun Sanggar Bakti Pramuka, sebagai tempat untuk berlatih dan berkarya dengan cara mandiri dan swadaya seluruh warga pramuka di Kwarran Candi. Tentu ini adalah sebagai pondasi agar kita dapat semakin berperan aktif untuk membangun pendidikan karakter anak muda melalui gerakan pramuka”.

Kak Subandi juga menjelaskan, “Anak-anak muda yang aktif dalam gerakan pramuka, ke depannya bisa jadi akan mendapatkan tanggung jawab menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Sebab dalam gerakan pramuka mereka sudah terbiasa digembleng untuk lebih berani, mandiri dan bertanggung jawab. Oleh karenanya, maka jadilah pemimpin yang amanah, yang selalu peduli dengan situasi dan kondisi yang ada di lingkungan sekitar kita”, ujarnya menekankan.

Dalam laporannya, Ketua Kwarran Candi menyampaikan bahwa keberadaan Sanggar bakti Pramuka Kwarran Candi ini sangat penting bagi perjalanan kemajuan gerakan Pramuka di Kwaran Candi. Pembuatan Sanggar Bakti ini menjadi wujud komitmen dan kepedulian bersama untuk menyediakan tempat dan sarana yang digunakan untuk mendukung kebangkitan serta kemajuan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Candi.

Awal rencana dari pembangunan Sanggar Bakti Pramuka ini telah disepakati pada waktu kegiatan Musyawarah Ranting (Musran) pada periode kepengurusan yang sebelumnya, kemudian dilanjutkan secara bertahap oleh pengurus periode saat ini. Berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan harapan memiliki Sanggar Bakti Pramuka yang representatif untuk Kwarran Candi.

Dana pembangunan Sanggar Bakti ini diperoleh dengan penggalangan melalui berbagai kegiatan, di antaranya adalah momen bulan bakti pengumpulan uang koin yang mendapatkan sebesar Rp. 17.000.000. Dari sumbangsih dana SIPA, diperoleh dana sebesara Rp. 1.350.000, sedangkan dari donatur kakak-kakak anggota pramuka se-Kwarran Candi dihasilkan dana sebesar Rp. 6.000.000.

Pembangunan Sanggar Bakti secara swadaya dan mandiri dengan memberdayakan seluruh potensi gerakan pramuka di Kwartir Ranting Candi ini, dapat menjadi contoh bagi kwartir ranting lainnya di Sidoarjo. Bergerak bersama-sama untuk kembali menggaungkan pramuka agar masyarakat semakin dapat merasakan manfaat gerakan pramuka secara nyata. [Red]


Kontributor Kegiatan
: Kak H Lukman Hakim – Waka Binamuda Kwarran Candi;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *