Orientasi Tamu Ambalan Arjuna Srikandi, Berbudi Pekerti Unggul dalam Berkreasi

Pusinfo“Seluruh peserta Orientasi Tamu Ambalan harus dapat menghafal, menerapkan dan mengamalkan dasa darma dengan baik. Kalau ingin mengamalkan dan menerapkan, lihatlah sekeliling kita terlebih dahulu, sehingga kita akan dapat menjadi pribadi yang berbudi pekerti unggul, kreatif dan terus berkreasi” ujar Kamabigus Kak Drs. Digdo Santoso, M. Pd membuka acara OTA ke – 15 Ambalan Arjuna – Srikandi gugus depan 01.175 – 01.176 pangkalan SMAN 2 Sidoarjo, Jum’at – Sabtu (01 s.d 02 September 2023).

Mengangkat tema “Berkreasi (Berbudi Pekerti, Kreatif, dan Berwawasan Pancasila)”, OTA kali ini diikuti oleh 477 siswa dan siswi kelas X. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyambut calon anggota pramuka kelas X sebelum bergabung dengan pramuka di SMAN 2 Sidoarjo dan sekaligus prosesi pindah dari golongan pramuka penggalang ke dalam golongan pramuka penegak.

“Berharap adik – adik tamu ambalan dapat untuk memahami tentang adat istiadat gerakan pramuka khususnya ambalan arjuna dan srikandi dan dapat menerapkan nya dalam kehidupan sehari-hari” Kak Akhsan Maula Julianata, MT selaku pembina satuan.

Biasanya kegiatan kepramukaan yang diadakan di luar sekolah untuk pertama kalinya OTA diadakan di sekolah dengan sistem menginap dan menggunakan tenda sekolah. Karena sebelum melihat lingkungan yang jauh, kita melihat dahulu seperti apa lingkungan sekolah kita yang memang perlu di perbaiki sesuai dengan dasa darma.

Secara teknis, kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta, lalu peserta memasuki tenda masing-masing untuk persiapan upacara pembukaan. Setelah pembukaan OTA yang ditandai dengan penancapan anak panah dan gendhewa, peserta melanjutkan kegiatan memasak untuk makan malam dan mendirikan pionering tiang bendera. Malam hari seluruh peserta mempersiapkan pentas seni dalam api unggun.

Rangkaian pentas seni dari penampilan kelas X sangat meriah sekali, sampai pukul 23.00 peserta beristirahat. Peserta bangun pagi dan dilanjut senam, lalu dilanjutkan dengan sarapan pagi. Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan outbound kebersamaan.

Melalui seluruh rangkaian kegiatan ini diharapkan para peserta dapat lebih mencintai Pramuka, memiliki Budi pekerti yang lebih unggul, lalu kreatif dalam segala hal yang positif, berwawasan Pancasila sesuai dengan tema yang diangkat. Satu hal lagi yaitu mengamalkan dasa darma. [Red]

– [ ©Pusinfo Kwarcab Sidoarjo 2023 ] –


Kontributor Kegiatan
: Kak Akhsan M J, MT – Pembina Satuan SMAN 2 Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *