Kemas Gebyar Kreasi P5 SMK Plus NU Sidoarjo dalam PTA

Pusinfo“Menanamkan Jiwa Tri Satya Dan Dasa Darma Untuk Penegak Yang aktif Dan Berintegritas”. Merupakan tema yang diangkat oleh pramuka pangkalan SMK Plus NU Sidoarjo dalam acara Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) untuk menyambut kedatangan adik-adik baru kelas X.

“Saya sangat bangga dengan adik-adik peserta, walaupun acara dimulai saat tengah hari pukul 13.00 Wib dengan apel pembukaan di lapangan yang sangat panas sekali. Tetapi mereka sama sekali tak menunjukkan rasa gentar sedikitpun, hanya antusiasme dan senyum semangat yang mereka tunjukkan”. ucap Kak Mustain Baladan selaku Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Sidoarjo ketika membuka acara PTA kali ini.

Acara ini diadakan selama 2 hari dengan bertempat di area sekolah dan dimulai pada Jumat 25 Agustus hingga Sabtu 26 Agustus 2023. Tercatat sebanyak 142 peserta dan 20 alumni demisioner turut hadir meramaikan kegiatan kali ini.

Banyak keseruan dalam rangkaian kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) tahun ini. Dimulai dari berbagai macam game untuk mengasah kerjasama kelompok seperti dinamika kelompok dan outbound. Selain itu peserta juga diberi banyak bekal ilmu pengetahuan kepramukaan dan umum.

Diantaranya, materi pramuka digital, pengenalan ambalan, pemahaman UU/AD ART Pramuka dan hipnoterapi. Kegiatan pada hari pertama ditutup dengan gebyar api unggun dan penampilan meriah dari sanggah setiap peserta.

Kak Muhammad Zakariya, S. Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Plus NU Sidoarjo (Kamabigus) dalam kesempatan sebagai pembina apel api unggun menyampaikan pada amanatnya, bahwa, “api unggun ini memiliki banyak makna dan kesakralan dalam setiap kegiatan pramuka. Api juga memiliki dua potensi yakni membawa pada manfaat atau malah membawa petaka. Melalui kegiatan kali ini kami harapkan dapat mampu menumbuhkan kreativitas dan jiwa nalar yang tinggi untuk para peserta,” papar beliau dalam upacara penyulutan api unggun.

Baca Juga  2 Orang Narapidana Kasus Terorisme di Lapas Porong, Aktif Berlatih Pionering

Pada hari kedua seluruh peserta diajak untuk menanamkan rasa pengabdian pada masyarakat dengan membersihkan sampah di sepanjang jalan dan membagikan sembako pada masyarakat.

“Walaupun masih ada kekurangan dalam kegiatan kali ini tapi saya sangat senang saat melihat respon adik-adik pada kakak pemateri dengan aktif bertanya dan menjawab karena itu merupakan salah satu tujuan dari tema kami. Saya juga berharap semoga seluruh ilmu yang telah diberikan kepada adik-adik dalam acara ini dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari”, ujar Rafi selaku ketua sangga kerja. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Ayunda Wibawanti – Tim Jurnalis Pramuka SMK Plus NU;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *