Gelar PERSAGA, Pramuka MI Tanada Waru Latih Kemandirian Siaga Penggalang Dengan Riang

Pusinfo – Gerakan Pramuka Gugus Depan 18.095 – 18.096 Pangkalan MI Tanada Waru Sidoarjo menggelar Perkemahan Pramuka Siaga dan Penggalang – PERSAGA. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at – Sabtu, 19 s.d 20/01/2024 ini digelar di Bumi Perkemahan Wisata Telogo Sewu Pandaan Pasuruan.

Kegiatan dibuka oleh Kamabigus Kak M. Aly Mahsul, S.Ag, M.Pd dan didampingi oleh para pembina yang lain dari unsur Guru. Dalam sambutannya disampaikan, “Saya mengajak kepada seluruh anggota pramuka yang ikut serta kegiatan PERSAGA ini untuk belajar hidup di alam terbuka, jauh dari orang tua sehingga hal ini dapat melatih Kemandirian, tentunya semua ini dialkukan dengan riang gembira dan pantang putus asa,” ujarnya memotivasi seluruh peserta.

Kegiatan ini diikuti oleh Pramuka Siaga dan Penggalang MI Tanada Waru sejumlah 144 peserta. Kegiatan dikemas dalam perlombaan serta dilaksanaan uji SKU sebagai langkah awal mempersiapkan anggota pramuka MI Tanada untuk menjadi Pramuka Garuda. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Jelajah Medan sekitar Bumi Perkemahan.

Dalam giat jelajah kali ini, peserta diberangkatkan oleh kak Khusnul Khotimah, M.Pd., MS, yang ditandai dengan pemberian instruksi melalui Semaphore. Sebuah kecerdasan dan pengamatan di butuhkan untuk menterjemahkan intruksi dalam hal ini sebagai petunjuk arah perjalanan jalajah medan.

Melalui kegiatan penjelajahan kali ini peserta ditantang kemampuan dan Keberaniannya, mengingat medan yang dilalui tidaklah mudah. Selain itu juga diharapkan para peserta dapat mengambil nilai-nilai manfaat dan pembelajaran yang sangat berharga yang akan diingat sampai mereka dewasa nanti.

Keberanian mengambil keputusan, tekad yang kuat, mengatasi resiko adalah nilai-nilai yang sebagian kecil didapat oleh peserta dengan tetap dibalut riang gembira serta pantang putus asa. Setidaknya, melalui kegiatan ini karakter dan kepribadian peserta akan terbentu lebih baik dari sebelumnya. [Red]

Baca Juga  RATUSAN PESERTA IKUTI OTA PRAMUKA SMA NEGERI 1 SIDOARJO

Kontributor : Kak Mochammad Fadil, MG;
Editor : Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPSKapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *