Karang Pamitran Cabang 2023, Dorong Pembina Semakin Aktif, Kreatif dan Inovatif

Pusinfo – Mengusung tema Pembina Aktif, kreatif dan inovatif. Dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 2-3 September 2023 di Bumi Perkemahan Dam Londo Trawas Mojokerto. Dibuka oleh Kakak Abdul Munif selaku Waka Binawasa Kwarcab Sidoarjo. Pada kesempatan tersebut Kak Munif memberikan pesan kepada para peserta untuk selalu aktif menambah kemampuan sebagai pembina dengan cara saling berbagi ilmu sesama pembina.

Salah satunya dengan mengikuti karang pamitran. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan dalam membina, kreatifitas dalam melaksanakan pembinaan kepada para peserta didik, dan selalu berinovasi supaya peserta didik tidak bosan dan selalu semangat dalam mengikuti kegiatan latihan rutin di gugus depan.

Kegiatan KPC 2023 dilaksanakan dengan sistem berkemah, suasana hutan jati yang cukup rimbun dibawah kaki gunung Penanggungan wilayah Mojokerto cukup membuat peserta krasan menikmati serta mengijuti kegiatan. Adapun kegiatan-kegiatan pada KPC 2023 kali ini dimulai dengan dinamika kelompok, yang mana peserta yang terdiri dari utusan-utusan dari Kwartir Ranting yang berjumlah 76 peserta diajak bermain untuk dijadikan kelompok-kelompok kecil, sehingga saling mengenal dengan peserta yang tidak berasal dari Kwarran yang sama.

Setelah upacara pembukaan peserta mengikuti kegiatan yang mana panitia mempersiapkan beberapa alat yg diberikan kepada peserta, dan tiap kelompok membuat permainan baru yang memanfaatkan peralatan seadanya. Disini peserta ditantang untuk kreatif dan berinovasi untuk membuat sebuah permainan yang dapat diberikan kepada peserta didiknya ketika kembali ke pangkalan masing-masing. Setelah disepakati tiap kelompok, maka dilanjutkan dengan praktik permainan yang diperagakan untuk peserta kelompok lain. Sehingga semua peserta mendapat permainan baru, baik dari kelompoknya sendiri maupun dari kelompok lainnya.

Baca Juga  Dibuka Danramil Waru selaku Mabiran, Kwarran Waru Gelar Lomba Tingkat II

Giat malam dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat isya’, diawali dengan giat curah pendapat dibuka oleh kakak-kakap tim pelatih pusdiklatcab Sidoarjo memberikan evaluasi dan juga penguatan serta manajemen risiko dari permainan-permainan yg telah dilaksanakan oleh para peserta. Setelah itu peserta juga saling memberikan pendapatnya, sehingga lengkaplah semua hal-hal yang dirasa kurang pas saat pelaksanaan sebulumnya.

Giat malam berikutnya ada penyalaan api unggun, guna menciptakan kehangatan dimalam yang terasa mulai dingin, dan acara malam ditutup dengan malam keakraban yaitu peserta diberikan kesempatan unjuk kemampuan untuk menghibur seluruh peserta KPC 2023.

Giat pagi diawali dengan sholat shubuh berjamaan, dan dilanjutkan dengan senam pramuka jilid 2 bersama-sama. Dipandu oleh kakak-kakak tim pelatih, peserta mengikuti senam dengan riang gembira untuk meningkatkan imun tubuh. Giat pagi dilanjutkan ke area sungai yang berada di sebelah barat area perkemahan.

Dengan didampingi tim yang sudah terlatih, para peserta mengikuti kegiatan tubing menyusuri sungai dengan ban bekas. Jarak tempuh sekitar 1 km dan melewati rimbunnya hutan dan juga sungai yg sempat menyempit dan juga batu-batu besar disepanjang sungai membuat sensasi yang cuku menegangkan. Tetapi senyum ceria para peserta menunjukkan kepuasan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Sebelum upacara penutupan, dilaksanakan open forum. Dimana para peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan apa saja berkenaan dengan pelaksanaan KPC 2023. Adapun beberapa saran yang diberikan oleh peserta adalah pelaksaan KPC lebih diperpanjang waktunya dan materi-materi berbagi antar pembina lebih banyak lagi yang ditularkan. Dan akhirnya kegiatan KPC 2023 ditutup secara resmi oleh Kak Hariyanto selaku Kapusdiklatcab Sidoarjo.[Red]

Kontributor KegiatanKak Hariyanto, M.Si – Kapusdiklatcab Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *