Temu Saka Pramuka Kwarcab Sidoarjo, Tingkatkan Kreatifitas Anggotanya

Pusinfo – Sebanyak 100 orang peserta dari berbagai Satuan Karya Pramuka di Sidoarjo mengikuti kegiatan Temu Saka di Bumi Perkemahan Pramuka Tanjek Wagir Krembung Sidoarjo. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, tanggal 25 – 27 Agustus 2023 yang dengan diisi dengan berbagai macam kegiatan dan materi.

Dibuka oleh Waka Bidang Satuan Karya & Pramuka Produktif, Kakak Dr. H. Ekorejo, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Pengembangan kegiatan di Saka ke depannya harus sering melaksanakan pertemuan antar saka untuk bertukar keilmuan dan pengalaman, hal ini tentunya akan banyak memberikan manfaat bagi setiap anggotanya”, ujar Kak Eko yang juga Kamabigus SMAN 1 Sidoarjo ini.

Pada kegiatan Temu Saka kali ini, materi dibagi menjadi 2 model yakni indoor dan outdoor. Dalam materi indoor lebih banyak dilakukan sharing session dari setiap Pamong saka dari masing – masing instansi. Sedangkan materi outdoor berupa pembelajaran tentang survival, praktik pendirian bivak, navigasi darat, cabut duri ikan bandeng, dan rapling manual menggunakan prusik.

Berbagai macam keahlian yang diajarkan oleh setiap satuan karya yang dibungkus dalam krida, berfungsi untuk mengasah keterampilan anggotanya dalam melakukan tindakan/bukti nyata sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan.

“Kami sangat berharap pada satuan karya pramuka di Sidoarjo agar dapat lebih aktif, kreatif, inovatif dan produktif serta dapat meningkatkan kegiatannya baik secara kualitas maupun kuantitas di sakanya masing-masing,” ungkap Kak Seno Hardjono selaku Andalan Cabang Urusan Satuan Karya. [Red]

Kontributor KegiatanKak Seno Hardjono – Andalan Cabang Urusan Satuan Karya;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;
Baca Juga  Pramuka Penegak Sidoarjo Ambil Peran Dalam Upacara Hari Sumpah Pemuda di Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *