Lakukan Napak Tilas & Pawai Merah Putih, Pramuka SMPN 1 Krembung Kunjungi Candi Jedong

Pusinfo – Anggota pramuka SMPN 1 Krembung melakukan kegiatan rutin pawai merah putih dihari kemerdekaan yang biasa disebut dengan ‘Napak Tilas’. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 27 Agustus 2023. Napak tilas ini diikuti oleh 78 anggota Pramuka.

Tujuan diadakannya napak tilas tersebut karena adanya keinginan untuk menempuh TKK serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dan solidaritas antar sesama peserta napak tilas.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh kepala SMPN 1 Krembung yang juga Kamabigus Kak Kasiyanto, S.Pd., M.Si. Semangat para anggota pramuka tidak bisa dipandang remeh. Semangat anggota pramuka tergambarkan dari semangat berkegiatan dan rasa tolong menolong yang tinggi.

Rute perjalanan Napak Tilas ini dimulai dari SMPN 1 Krembung sekitar pukul 07.00 WIB untuk menuju ke Candi Bangkal. Sesampai di Candiharjo sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah sampai Candi Bangkal, di sana para peserta beristirahat sejenak dan melakukan foto bersama. Setelah itu para peserta mendapatkan pembekalan yang dipandu oleh Kak Maksum.

Peserta Napak Tilas melanjutkan perjalanan menuju ke Candi Jedong. Meski beberapa peserta nampak lelah dan pusing, bahkan ada yang keseleo, tetapi semangat para peserta melunturkan keluhan tersebut. Pantang menyerah mereka mengalahkan kelelahan itu.

Sementara itu, Shelly, salah satu peserta Napak Tilas menyatakan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan baru pertama kalinya melakukan perjalanan dengan rute jauh.

“Kegiatan ini sangat seru sekali, saya senang bisa membawa bendera merah putih sampai ke Candi Jedong jedong. Saya juga bersemangat saat perjalanan. Ternyata Napak Tilas menyerukan apalagi ini pengalaman pertama saya melakukan kegiatan ini. Saya juga dapat merasakan saling tolong menolong dan melakukan susah senang bersama teman-teman lainnya,” ujar Shelly.

Saat para peserta melewati perkampungan, banyak masyarakat yang mengapresiasi, ada yang menyorakkan kata ‘merdeka’ hingga dinyanyikan lagu Indonesia raya. Sesampai di Candi Jedong sekitar pukul 12.00 WIB, para peserta langsung melakukan makan siang.

Kegiatan selanjutnya adalah upacara pelantikan yang diikuti oleh seluruh peserta napak tilas dan dipandu oleh Kak Maksum. di dalam upacara ada sebuah penugasan yakni menyentuh tanah dan mengucap sholawat 3 kali serta mengucapkan dasa dharma. Harapannya para peserta mendapatkan restu oleh Yang Maha Kuasa dan cita cita mereka dapat terkabul. Setelah itu para peserta mengucap tri satya. Sekitar pukul 13.30 WIB kegiatan selesai dan kembali pulang menuju ke sekolah. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Zahra Afifa Mashuriyah – Kelas IX SMPN 1 Krembung;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *