Penganugerahan Penghargaan Melati dan Panca Warsa di Apel Besar Hari Pramuka ke – 62

Pusinfo – Gerakan Pramuka pada upacara apel besar hari pramuka ke – 62 tahun 2023 Kwartir Cabang Sidoarjo kali ini menganugerahkan 10 tanda penghargaan Lencana Melati dan 29 Lencana Pancawarsa kepada para tokoh-tokoh pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo.

Lencana Melati merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian yang Iebih besar bagi kepentingan Gerakan Pramuka. Kesepuluh tokoh pramuka Sidoarjo ini memang selama ini sangat getol dan loyal menggerakkan pramuka di Sidoarjo, seolah tanpa henti selama ini.

Kegiatan yang dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Sidoarjo ini diikuti oleh lebih dari 1000 peserta dan undangan dari unsur pramuka penggalang, penegak dan pembina utusan Kwartir Ranting. Dipimpin langsung oleh kakak Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo, Kak H Subandi, SH yang sehari-hari menjabat sebagai Wakil Bupati Sidoarjo.

Lencana Pancawarsa adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahun atau kelipatannya secara terus menerus.

Sebelum menyematkan kedua lencana tersebut kepada para penerima, Kak H Subandi, SH juga menerima penghargaan Lencana Pancawarsa kesatu yang disematkan langsung oleh Ketua Harian Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo, Kak H. MG Hadi Sucipto, SH., MM.

Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, perayaan kali ini dilakukan dengan cara yang sederhana, tanpa penampilan atraksi dan pajangan kendaraan tempur TNI. Hal ini dilakukan karena pelaksanaan upacara apel besar difokuskan pada penyematan Lencana Melati dan Pancawarsa sebagai salah satu penghargaan bagi anggota pramuka dewasa atas loyalitas dan pengabdiannya selama ini kepada gerakan pramuka.

Baca Juga  Regenerasi Kepengurusan, SBH Taman Langsungkan Musyawarah Saka tahun 2024

Tahun ini bersamaan dengan pelaksanaan Raimuna Nasional XII tahun 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta, pada tanggal 14 s.d 21 Agustus 2023. Kegiatan pesta dan pertemuan para pramuka penegak dan pandega ini diikuti lebih dari 15.000 peserta dari seluruh Indonesia dan perwakilan luar negeri. [Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *