OTTA Pramuka SMKN 1 Jabon, Tanamkan Kedisiplinan, Tumbuhkan Jiwa Kepemimpinan

Pusinfo – Orientasi Tamu Tegak Ambalan yang biasa disebut dengan OTTA adalah kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota Ambalan Pramuka Penegak dan untuk memenuhi fase peralihan dari Pramuka Penggalang menuju Pramuka Penegak, Dewan Ambalan Ki Hadjar Dewantara – RA Kartini Gugus Depan 05.071-05.072 Pangkalan SMKN 1 Jabon (SMAKIJA) kembali mengadakan kegiatan tersebut disekolah pada Jum’at sabtu (18-19/08/2023).

Kegiatan itu berlangsung selama 2 hari 1 malam, bertempat di sekolah SMKN 1 Jabon. dimulai pukul 1 siang, acara dimulai dengan apel pembukaan kegiatan OTTA, di acara ini juga dilakukan beberapa kegiatan diantaranya : materi kepramukaan, pemantapan mental, api unggun, Pensi. Kegiatan ini diikuti oleh semua calon anggota penegak kelas 10 yang berjumlah sekitar 450 orang.

Tujuan kegiatan OTTA yaitu mengenalkan lebih tentang Pramuka Ambalan, Menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota Pramuka di SMKN 1 Jabon, Menanamkan KEDISIPLINAN dan KEMANDIRIAN yang lebih baik bagi kelas X, Mempererat komunikasi sesama anggota Pramuka, melatih kekompakan antar anggota Pramuka, melatih dan menambah mental anggota Pramuka, melaksanakan program kerja tahunan. membentuk siswa menjadi lebih terampil, disiplin, membentuk jiwa tolong menolong dan bekerja sama.

Diawal dilakukan pemeriksaan barang yang harus dibawa oleh peserta, sebagaimana telah dijelaskan pada technical meeting sebelumnya. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan apel pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta. Bertindak selaku pembina upacara kak Imam Soetopo, S.Pd., MM selaku Kepala SMKN Jabon Sidoarjo sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan.

Setelah apel peserta diarahkan ke basecampnya masing-masing dengan didampingi kakak-kakak pengurus dewan ambalan untuk menata dan membersihkan basecampnya, kemudian dilanjut dengan sholat Ashar. Kemudian peserta OTTA diarahkan ke lapangan untuk mendapatkan materi Kepramukaan yang disampaikan oleh kak Nafiah dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal-soal yang telah dipersiapkan oleh sangga kerja atau panitia.

Baca Juga  Kontingen Sidoarjo Diberangkatkan, 36 Penegak Pandega Terbaik Sidoarjo Ikuti Raida XIV Jatim

Diwaktu Maghrib telah tiba, seluruh peserta dan panitia melaksanakan sholat Maghrib secara berjamaah dan dilanjut dengan ceramah kak Suwarno sembari menunggu waktu sholat Isya tiba. Tidak lupa kegiatan yang ditunggu-tunggu yakni pelaksanaan acara api unggun yang dilaksanakan di tengah lapangan dengan didahului pembacaan dasa darma oleh petugas api unggun.

Pada saat api unggun juga peserta OTTA menampilkan sebuah pentas seni yang sangat meriah, sehabis pentas seni dan api unggun jam 10 malam mereka diarahkan lagi ke baraknya masing2 untuk istirahat. Mereka dibangunkan jam 4 pagi untuk menunaikan sholat subuh berjamaah, selepas itu mereka kumpul di lapangan untuk senam pagi yang diinstrukturi oleh kak Luna dan kak Hanafi.

Dihari yang kedua, setelah sarapan pagi, dilanjutkan dengan materi dan praktek mountaineering serta pioneeing yang disampaikan oleh kak Hafid, S.Pd. Diakhiri dengan penampilan yel-yel dari masing-masing sangga dan upacara penutupan kegiatan. [Red]

Kontributor KegiatanKak Warno – Pembina Satuan SMKN 1 Jabon;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *