#RebrandingPramuka Berita Info Kwarran

DINAMIKA LOMBA TINGKAT II KWARTIR RANTING SEDATI

Kegiatan Lomba Tingkat II Kwartir Ranting Sedati di Bumi Perkemahan Tanjekwagir Krembung

Pusinfo – Setalah dua tahun lebih didera wabah pandemi covid 19, hampir semua program Kwarran sedati tidak berjalan secara maksimal bahkan berbagai kegiatan yang direncanakan gagal dan hampir lumpuh. Ajang lomba tingkat penggalang LT II Kwarran Sedati menjadi momentum melepas kerinduan bergiat antar Gugus Depan Penggalang.

Animo peserta LT II Kwarran Sedati yang dilaksanakan dari tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2022 di Bumi Perkemahan Tanjekwagir Krembung Sidoarjo sangat besar. Terbukti semua gugus depan SD dan SMP di Kecamatan Sedati turut berpartisipasi, tercatat diikuti 390 peserta, 39 pembina pendamping dan 40 panitia.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Harian Kwarcab Sidoarjo kakak Dr. Mustain Baladan, M.Pd.I, menyampaikan sambutan dalam upacara pembukaan, pesan kak Tain (panggilan akrabnya) bahwa pramuka harus mampu adaptif terhadap perkembangan zaman, sehingga jenis lomba tingkat satuan dapat menyesuaikan kebutuhan.

Kedepan pramuka harus merubah mindset dari kompetisi ke kolaborasi, tambahnya. Setelah upacara pembukaan Kak Tain juga melakukan safari kunjungan ke tenda-tenda peserta serta melakukan dialog dengan para Kamabigus didampingi Kakwarran Sedati Kak Hamidah.

Sementara dalam laporannya ketua panitia LT II Kwarran Sedati Kak A. Suyuti berharap LT II merupakan tolok ukur keberhasilan pelatihan di Gugus Depan. Dan berharap peserta tidak hanya mengejar hasil kejuaraan akan tetapi mengutamakan sportifitas. Dalam LT II kali ini peserta beradu ketangkasan, ketrampilan serta kerjasama tim dengan materi lomba sebanyak 24 jenis, ujar kak Hafid koordinator bidang Kegiatan.

Senyampang dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 peserta LT II diajak mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan revolusi dalam upacara apel pagi dan membacakan ikrar kesaktian Pancasila oleh pembina Upacara Kak. Sudarmadi selaku Sekretaris Kwarran Sedati.

Kegiatan LT II Kwarran Sedati semakin menantang ketika hari kedua (1/10) diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Sontak peserta dan panitia yang sedang menyiapkan lomba memasak, penyajian hasil masakan serta lomba hasta karya berhamburan menyelamatkan barang-barang perlengkapan lomba. Sedangkan pembina pendamping sibuk menyelamatkan tenda beserta isinya yang terdampak air hujan. Pun demikian kegiatan tetap berjalan walaupun dalam kondisi sangat terbatas. Mengingat kegiatan masih berlangsung hingga besok minggu siang maka perlu antisipasi-antisipasi dan penyesuaian kegiatan sehingga kegiatan LT 2 Kwarran Sedati dapat dituntaskan, kata Kak. Sobirin Waka Kwarran Sedati.

Hingga pukul 15.00 Wib hujan belum reda dan air terus menggenangi areal perkemahan suasana semakin tidak kondusif. Akhirnya melalui rapat singkat dengan beberapa Kamabigus dan seluruh pembina pendamping yang dipimpin Kak. Sobirin dan Kak. Suyuti diputuskan LT II Kwarran Sedati dihentikan dan peserta boleh kembali ketempat masing-masing.

Disisi lain sekretariat panitia telah merekap hasil kejuaraan. Kami telah menuntaskan rekap lomba dan kami serahkan ke ketua panitia LT II dan Kakwarran Sedati untuk bisa diumumkan dikemudian hari, kata Kak Hendrik. Sementara ditemui di sudut pendopo, salah seorang Kamabigus Kak. khoiri yang sedang menunggu jemputan mengatakan Buper ini bagus dan berpotensi namun yang perlu disegerakan diperbaiki adalah tata kelola aliran air drainase atapun dibuatkan embung resapan air. Dan masih banyak lagi fasilitas yang harus dipersiapkan dalam kegiatan-kegiatan besar, imbuhnya.

Kontributor oleh : Kak M Fadeli – Andalan Ranting Kwarran Sedati;

Editor oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.