Ceritaku LT-1 Pramuka SMPN 1 Krembung, Ciptakan Pramuka Tangguh, Tanggap dan Cerdas

Pusinfo – Pramuka SMPN 1 Krembung sukses menggelar Lomba Tingkat 1 (LT 1) yang dilaksanakan oleh siswa kelas 8. Kegiatan yang dilaksanakan di Trawas ini dilakukan selama tiga hari, yaitu tanggal 24 hingga 27 Juli 2023. LT 1 bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan serta pengembangan diri melalui mekanisme lomba. Perlombaan antar regu ini berguna untuk melatih pramuka penggalang yang memiliki sikap disiplin, mandiri, berani, dan menumbuhkan rasa gembira dalam mengikuti perlombaan. Peserta LT 1 dibagi menjadi 32 regu, yaitu terdiri dari 16 regu putra dan 16 regu putri. Tiap regu berjumlah sekitar 7 sampai 9 anggota gerakan Pramuka.

“Panitia tidak hanya menyiapkan tenda saja, tetapi banyak menyiapkan perlengkapan seperti kertas penilaian dan perlengkapan setiap lomba. Panitia tentunya bekerja sama untuk mengerjakan ini semua supaya persiapan LT 1 menjadi lebih lancar dan berjalan dengan baik,” ujar Brama, salah satu panitia LT 1.

Proses pemberangkatan berjalan lancar. Berangkat dari SMPN 1 Krembung. Ketika di sekolah peserta diberikan bekal oleh panitia sebelum berangkat. Transportasi yang digunakan adalah elf bison. Sesaat sampai di lokasi, semua peserta menurunkan barang-barang yang dibawa dari transportasi. Setelah semua regu lengkap, semua peserta bersiap untuk membangun tenda dan mengangkat barang-barang keperluan untuk diletakkan di tenda masing-masing.

Agenda selanjutnya ialah upacara pembukaan kegiatan LT 1. Setelah upacara pembukaan para peserta melakukan Peraturan Baris Berbaris (PBB) bersama. Sekitar pukul 16.00, lomba giat 1 dilaksanakan, diantaranya lomba mini pionering dan hasta karya. Sebelum itu, para Pimpinan Regu (Pinru) diberikan pengarahan untuk mengkoordinir anggotanya untuk agar tertib dan selalu melihat jadwal kegiatan LT 1.

Pada malam hari, Peserta LT 1 mempersiapkan Lomba sesi 2 yaitu lomba puisi, lomba pidato, lomba paduan suara. Kegiatan dimulai seusai sholat isya’ hingga pukul 10 malam dan dilanjutkan dengan tidur.

Baca Juga  Hypnoterapi Warnai PENTA SMK Diponegoro

Pada hari kedua, para peserta bangun pukul 4 pagi untuk melakukan sholat shubuh dan dilanjutkan dengan bersih diri. Selanjutnya, para peserta regu putri menyiapkan peralatan masak untuk lomba memasak. Peserta regu putra melakukan lomba jingle. Setelah itu kegiatan jelajah alam, yang berlokasi di daerah sekitar bumi perkemahan.

Pada malam hari dilaksanakan upacara api unggun. Kegiatan yang dinantikan semua peserta lomba tingkat 1. Pentas seni menjadi penutup kegiatan malam hari pada Lomba Tingkat 1. Beberapa regu menampilkan pertunjukan dihadapan para peserta Lomba Tingakt 1. Para peserta tampak bergembira dan menikmati acara Lomba Tingkat 1.

Kegiatan perkemahan hari ketiga ialah lomba senam dan ketangkasan, dilanjutkan dengan upacara penutupan.

“Pasti seru, disaat sesi perlombaan itu sangat seru karena menimbulkan rasa bersaing antar regu yang sangat kuat, semoga kegiatan LT 1 terus diadakan setiap tahun karena bisa membangun rasa bersaing yang kuat sehingga rasa ingin memenangkan juga ikut kuat, “ujar Rifa’i, salah satu peserta LT 1.

Perkemahan LT 1 diakhiri dengan mengumumkan regu tergiat. Regu Young Griffin sebagai regu prestasi tinggi putra. Regu Phoenix Muda sebagai regu prestasi baik putra. Regu Bison Muda sebagai regu prestasi cukup putra. Regu Kuncup Canna sebagai regu prestasi baik putri. Regu Tunas Wijaya Kusuma sebagai regu prestasi baik putri. Regu Kuncup Padma sebagai regu prestasi cukup putri. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Zahra Afifa Mashuriyah – Kelas IX SMPN 1 Krembung;
Pewarta Pusinfo : Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *