Usung Tarian Udang Bandeng, Meriahkan Gelaran Pentas Seni PPN Kwarda Jatim 2023

Catatan Kecil PPN Kwarda Jatim 2023 Kontingen Sidoarjo

Pusinfo – Telaga Sarangan saat malam hari yang biasanya hening, 2 malam ini mendadak lebih ramai dari biasanya. Kegiatan PPN 2023 yang diselenggarakan mulai tanggal 11 s.d 13 Juli 2023 semakin menambah nyaman ditengah suhu dingin dan gemerlap lampu penginapan yang ada di kanan kiri telaga. Begitulah nuansa malam di Telaga Sarangan yang menjadi salah satu destinasi wisata eksotik di Magetan.

Meski lebih ramai dari biasanya, suasana nyaman tetap menyelimuti area panggung kegiatan pentas seni Pitaran Pelatih Nusantara yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Jawa Timur. Meskipun suhu dingin menusuk hingga 16 ° c, namun tak menyurutkan antusiasme peserta untuk ikut menyaksikan kemeriahan gelaran pentas seni peserta PPN Kwarda Jatim 2023.

Pada pensi malam ini kontingen Sidoarjo berkesempatan mengenalkan salah satu seni jenis tari kreasi baru yakni tari udang bandeng yang dibawakan oleh 12 orang pelatih pembina pramuka dari sanggar tari Pusdiklatcab Jenggala pimpinan kak Erry. Kontingen Kwarcab Sidoarjo siap dengan tarian Udang Bandeng yang dirancang tahun 2013 ini mengambil nama lambang daerah Sidoarjo, yakni Udang dan Bandeng yang disingkat dengan Udeng.

Tari udang bandeng merupakan salah satu tari yang memiliki energi positif berupa keceriaan dan enerjik ini ditandai dengan gemerlapnya sisik yang mempercantik penampilan para penari. Hal ini menjadi gambaran aktifitas para nelayan di Sidoarjo yang begitu semangat mencari rejeki di laut maupun tambak. Tarian ini juga menggambarkan kegigihan para nelayan dalam menghadapi ombak dan gelombang besar di lautan saat mencari ikan.

Keunikan lain dari tari udang bandeng ini juga tak lepas dari penggambaran udang bandeng yang menjadi komoditas utama yang dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Sidoarjo yang identik dengan suasana pesisir laut dan hamparan tambak ikan dan udang yang meluas disisi timur wilayah Sidoarjo secara geografis.

Kepiawaian para pelatih didalam membawakan tarian udang bandeng ini seolah siap menggoncangkan Bumi Magetan dengan ikon utamanya Telaga Sarangan. Kolaborasi 12 orang pelatih yang terdiri dari : Kak Erry, Kak Tutik, Kak Azelin, Kak Titik, Kak Muji, Kak Ika, Kak Luluk, Kak Saifudin, Kak Seger, Kak Zuli, Kak Suswiyono dan Kak Adi semakin menghidupkan suasana pentas seni Pitaran Pelatih Nusantara sembari dibalut dinginnya suasana telaga sarangan yang berada di ketinggaian 1.287 mdpl. (Red)

Kontributor Kegiatan : Kak Mujahidin – Tim Pelatih Jenggala Kwarcab Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo: Kak Uays Hasyim – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *