Penguatan Bagi Instruktur tingkat Puskesmas & anggota Saka Bakti Husada Sidoarjo

Pusinfo – Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Bagi Instruktur dan Anggota Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) se-Kabupaten Sidoarjo di Puskesmas Buduran, Rabu (10/05/2023) yang diikuti oleh lebih dari 60 orang peserta.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman instruktur Saka Bakti Husada tingkat Puskesmas dan anggota pramuka SBH terkait konsep dan peran Saka Bakti Husada di bidang kesehatan dan mampu mengimplementasikan di wilayah kerjanya masing-masing.

Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan instruktur Saka Bakti Husada tingkat Puskesmas dan anggota pramuka SBH dalam mendukung keberlangsungan proses belajar mengajar sehingga dapat terpenuhi syarat kecakapan khusus bagi anggota pramuka SBH di wilayah kerjanya.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan instruktur Saka Bakti Husada tingkat puskesmas dan pramuka SBH dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap anggota Saka Bakti Husada sehingga dapat menggerakkan masyarakat sekitarnya untuk menerapkan pola hidup sehat terutama bagi generasi muda.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Sri Andari E., S.KM., M.M, selaku Kepala Bidang Peningkatan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Turut hadir memberikan materi Penyelenggaraan Satuan Karya, Andalan Cabang Urusan Satuan Karya Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo, Kak Seno Hardjono dan Kak Setyo Nugroho, S.Pd.

Disampaikan juga materi Penyelenggaraan SBH dan Pemantapan Enam Krida oleh Kak Pungky Anggraeni Mustika, SKM Sekretaris Pimpinan Saka Bakti Husada Kwarda Jatim yang sehari-hari menjabat sebagai Ahli Pertama Sub Substansi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Dalam kegiatan ini juga dihasilkan beberapa Rencana Tindak Lanjut, diantaranya : Pentingnya kelengkapan administrasi SBH sebagai payung hukum pelaksanaan kegiatan di masing-masing Kwartir Ranting, akan ada sistem pelaporan yang akan di evaluasi setiap tribulan oleh Kwartir Cabang, tiap Puskesmas diharapkan melaksanakan promosi SBH di masing-masing sekolah SMA/SMK di wilayah kerjanya dan membentuk SBH. Selain itu juga keterlibatan SBH dalam mendukung kegiatan kesehatan baik di Dinas Kesehatan maupun Puskesmas, peningkatan strata SBH bagi yang telah terbentuk dan Puskesmas melaksanakan penilaian SKK. (Red)

Kontributor oleh : Kak Seno Hardjono – Andalan Cabang Urusan Satuan Karya;

Editor berita oleh : Tim Redaksi Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo;

Baca Juga  Lantik Laksana dan Sematkan Tetampan, Tingkatkan Kualitas Pramuka Penegak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *