Berita Info Gudep

PENGALAMAN MENGESANKAN MENDIRIKAN TENDA

Pusinfo – Pandemi covid-19 telah membatasi hampir semua kegiatan di sekolah. Kegiatan belajar-mengajar menjadi sangat terbatas dengan dilakukan secara daring melalui whatsapp maupun classroom. Sehingga, menimbulkan beberapa permasalahan maupun kekurangan dalam proses pembelajaran. Misalkan saja pembelajaran daring yang dinilai kurang efektif karena tidak adanya tatap muka di kelas atau kurangnya fasilitas yang memadai untuk mengikuti pembelajaran daring (smartphone dan kuota internet). Begitu pun dengan kegiatan ekstrakulikuler yang tidak dapat dilaksanakan sama sekali selama kurang lebih 2 tahun. Salah satunya kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SDN Jemirahan yang baru aktif kembali beberapa bulan terakhir.

Setelah beberapa bulan mengikuti kegiatan pramuka setiap hari Sabtu bersama para pembina pramuka SDN Jemirahan yaitu Kak Iyan, Kak Dyah, Kak Nita dan Kak Ila. Pada Sabtu, 18 Juni 2022 diadakan kegiatan Perkemahan Satu Hari untuk Pramuka Penggalang SDN Jemirahan. Ada banyak kegiatan yang dilakukan saat Perkemahan Satu Hari atau PERSARI. Salah satunya adalah mendirikan tenda yang dilakukan oleh setiap regu. Terdiri dari 5 regu yaitu regu mawar, regu melati, regu garuda, regu rajawali dan regu kalajengking.

Masing-masing regu terlihat antusias dan senang saat mendirikan tenda walau hanya untuk satu hari itu. Mereka begitu bersemangat dan bekerjasama dengan baik dalam mendirikan tenda. Selain untuk mengajarkan kerjasama, persatuan dan kesatuan dalam regu. Kegiatan mendirikan tenda ini juga bertujuan agar siwa memeroleh pengalaman menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan. Beristirahat, makan siang, tinggal bersama dalam satu tenda tanpa kipas angin atau ac, televisi maupun smartphone.

Kegiatan mendirikan tenda juga mengajarkan tanggungjawab bersama. Seperti tanggungjawab menjaga keamanan barang-barang yang ada didalam tenda masing-masing.  Tanggungjawab menjaga kerapian dan kebersihan tenda selama kegiatan. Serta tanggungjawab menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tenda.

Walau kegiatan mendirikan tenda menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang paling ditunggu-tunggu siswa. Banyak kegiatan lain yang tak kalah seru selama PERSARI, antara  lain : sandi morse, semaphore, membuat tandu, mendirikan tiang bendera, kreasi gerakan lagu wajib dan PBB (Peraturan Baris Berbaris). Kemudian, ada juga permainan yang dilakukan seperti basket, jarum sakti dan pindah air. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya memiliki manfaat dan mengandung nilai-nilai kehidupan tertentu bagi siswa. (Kak Nisful Laila)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.