Geliat Pramuka Penegak Ambalan Dewaraka, Adakan Buka Bersama, Tingkatkan Spiritual

Pusinfo – Dalam rangka bulan suci Ramadhan 1444 H, Gugus depan Jabon 05.071 – 05.072 yang berpangkalan SMKN 1 Jabon mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama di aula kaca SMKN 1 Jabon. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang anggota pramuka yang terdiri dari anggota ambalan Dewaraka angkatan 22 – 23, para purna ambalan dan pembina, Jum’at 07/04/2023.

Sarana Silaturahmi Anggota Pramuka

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan dapat mempererat tali silaturrohmi sesama anggota pramuka, baik peserta didik maupun kakak pembina. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan kegiatan Istiqotsah bersama-sama untuk kebaikan dan kemajuan gerakan pramuka SMKN 1 Jabon. Ini juga menjadi kegiatan yang menunjukkan bahwa pramuka tidak hanya sekedar baris-berbaris, nyanyi tepuk dan berkemah. Namun juga membekali kepribadian melalui penguatan doa bersama dan ibadah keagamaan.

Dalam kegiatan buka puasa bersama kali ini juga diberikan Kultum alias Kuliah Tujuh Menit atau ceramah agama singkat sebagai rangkaian dari acara kali ini. Dalam Kultum yang disampaikan oleh Kak Warno dijelaskan bahwa melaksanakan puasa dengan baik merupakan pengamalan Dasa Darma Pramuka, utamanya penguatan serta penerapan nilai-nilai disiplin, sopan santun, kejujuran, kemampuan penguasaan diri, pembersihan hati sehingga bisa menjadi pribadi yang Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Sharing Pengalaman & Pramuka Garuda

Paska menikmati takjil bersama, acara dilanjutkan dengan Sholat Maghrib secara berjamaah lalu diteruskan dengan buka puasa bersama. Yang membuat berbeda pada kegiatan buka puasa bersama kali ini adalah sesi sharing dan berbagi pengalaman dengan kakak-kakak Alumni Pramuka SMKN 1 Jabon serta penguatan informasi tentang Pramuka Garuda pada tingkatan pramuka penegak.

Geliat pramuka penegak semakin hari semakin menampakkan kegembiraan, tidak hanya bergiat satu gugus depan namun tidak sedikit yang juga berkolaborasi secara aktif antar gugus depan. Ini menjadi pertanda kebangkitan pramuka penegak di Kwartir Cabang Sidoarjo sebagaimana diharapkan oleh para andalan, pembina dan pelatih secara menyeluruh. Setidaknya ke depan, para pramuka penegak ini akan menjadi roda penggerak kegiatan kepramukaan di gugus depan maupun kwartir rantingnya.

Dan hal ini harus teruslah didorong agar semakin banyak pramuka-pramuka penegak yang berkualitas hingga dapat mencapai prestasi sebagai pramuka penegak garuda ditahun ini. Mengingat beberapa dekade, kita mengalami defisit pramuka penegak garuda di Kwartir Cabang Sidoarjo, khususnya. (Red)

Kontributor oleh : Kak Warno – Kwartir Ranting Jabon;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *