Tebarkan Kebaikan, SBH Taman Lakukan Bersih-bersih Masjid dan Sahur On The Road

Pusinfo – Satuan Karya Bakti Husada Taman (SBH Taman) yang berpangkalan di Puskesmas Taman Sidoarjo turut menyemarakan bulan suci Ramadhan 1444 H tahun ini, dengan cara melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan tajuk “Safari Ramadhan 2023”. Kegiatan yang terinisiasi dari suka cita dalam menyambut bulan penuh berkah ini membawa semangat tersendiri bagi Kakak kakak yang ada di SBH Taman untuk melaksanakan bakti sosial Bersih-Bersih Masjid dan Sahur On The Road.

Bersih-bersih Masjid

Pada hari Minggu tanggal 19 Maret 2023, SBH Taman mengawalinya dengan melaksanakan kegiatan Bersih-bersih Masjid yang bertempat di Masjid Al-Hidayah, Desa Ngelom. Kec Taman – Sidoarjo dan di Mushalla Ar – Raudha, Komplek Puskesmas Taman. Kegiatan ini, dilaksanakan sepekan sebelum masuknya bulan suci Ramadhan.

Hal ini bertujuan agar para jamaah nantinya dapat merasa nyaman ketika melaksanakan ibadah, selain itu kebersihan tempat ibadah juga menjadi fokus kerja bakti kali ini sebagai bentuk kepedulian akan kesehatan lingkungan, terutama terkait dengan kebersihan ruang sholat, tempat wudhu, sanitasi dan toilet yang ada.

“Kegiatan ini luar biasa, saya melihat semangat adik adik ini dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H patut diacungi jempol, karena sedikit sekali adanya kegiatan serupa, apalagi substansinya bukan hanya soal bersih-bersih masjid saja, namun juga dengan pemberian edukasi mengenai kebersihan lingkungan utamanya masjid sebagai pusat ibadah warga sekitar” Ujar bapak Romadon selaku Ta’mir Masjid Al-Hidayah Desa Ngelom Kec. Taman.

Sahur On The Road

Berbeda hari, rangkaian Safari Ramadhan ini masih berlanjut dengan adanya Sahur On The Road, pada Minggu, 02 April 2023. Dimana anggota SBH Taman membagikan nasi untuk Sahur bagi masyarakat di sekitar Puskesmas Taman. Di dalam pendistribusian makanan kali ini terbagi menjadi 4 zona yakni di Komplek Puskesmas Taman, Sebagian Desa Ngelom, Kelurahan Wonocolo dan Kalijaten.

Baca Juga  Regenerasi Kepengurusan, SBH Taman Langsungkan Musyawarah Saka tahun 2024

Antusias dan semangat berkegiatan ditunjukkan oleh anggota SBH Taman yang turun langsung membagikan nasi untuk sahur, hal ini merupakan hal yang baru dilakukan sebab selama ini kebanyakan yang dilakukan adalah bagi-bagi takjil untuk buka puasa. Pendistribusiannya pun bisa dikatakan tepat sasaran, seperti pada para penunggu pasien di Puskesmas Taman, para tenaga kesehatan, satpam, tuna wisma, penjaga palang perlintasan Kereta Api dan lain-lainnya.

“Saya suka sih kak dengan adanya kegiatan ini, saya bisa tahu bagaimana reaksi mereka ketika mendapatkan rezeki di waktu dini hari, bagaimana mereka menikmati makanan untuk sahur yang kita bagikan ditengah pekerjaan yang mereka lakukan, meskipun kecil bagi kita namun sangatlah besar nilainya bagi mereka yang menerimanya”, ujar Adwin anggota SBH Taman.

Dari 2 kegiatan bakti sosial yang merupakan rangkaian kegiatan Safari Ramadhan ini, menjadi bagian dari implementasi Darma Pramuka yang harus dilakukan bagi seorang pramuka dan khususnya bagi anggota SBH Taman. Banyak cara dan langkah yang bisa kita lakukan untuk berbuat kebaikan, walupun bagi kita hal itu kecil dan sepele, namun bagi orang yang menerimanya merupakan berkah tersendiri atas apa yang mereka dapatkan dan rasakan.

Hal kecil yang dilakukan ini, menjadi harapan besar kami, semoga dapat menginspirasi anggota pramuka lainnya di Sidoarjo untuk selalu menebarkan kebaikan sekecil apapun yang bisa dilakukan, terutama di waktu-waktu mulia seperti di bulan suci ramadhan kali ini. (Red)

SBH Taman | SinergisProgresifKreatif

Kontributor : Kak Anwaruddin Al WafiKetua Dewan Saka Bakti Husada Taman;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *