Memberdayakan Generasi Muda untuk menciptakan dunia yang lebih baik

“Tujuan Gerakan Pramuka adalah untuk berkontribusi pada pengembangan kaum muda dalam mencapai potensi fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual mereka sepenuhnya sebagai individu, sebagai warga negara yang bertanggung jawab, dan sebagai anggota komunitas lokal, nasional dan internasional mereka. ” Konstitusi Pramuka Dunia;

Pendidikan Pramuka

Pendidikan kepramukaan memungkinkan kaum muda untuk memenuhi diri sendiri, terinspirasi, berorientasi pada tindakan, dan berkomitmen pada kehidupan yang bertujuan. Kepramukaan berakar pada cita-cita transformatif kesetaraan, inklusivitas, saling menghormati, keberlanjutan, harmoni, dan optimisme untuk masa depan.

Memberdayakan Kaum Muda sebagai Warga Dunia

Kepramukaan mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan kaum muda baik sebagai individu maupun warga negara melalui program dan inisiatifnya. Ini adalah gerakan pendidikan yang berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap generasi muda memiliki kesempatan untuk mewujudkan potensi penuh mereka sebagai pemimpin di komunitas mereka dan dunia.

Pendekatan pendidikan nonformal Pramuka bertujuan untuk membekali generasi muda dengan keterampilan dan kompetensi yang memungkinkan cita-cita tersebut. Melalui Program Kepemudaan, Kepramukaan mendukung generasi muda untuk menjadi warga negara yang aktif yang berkomitmen untuk melayani dengan berorientasi pada solusi dan fokus untuk menciptakan perubahan positif.

Pengalaman Pendidikan yang Unik

Sebagai Gerakan pendidikan nonformal, Pramuka terus menggali cara-cara baru yang berkontribusi bagi perkembangan generasi muda. Pendekatan pendidikan Pramuka yang unik mencakup pembelajaran melalui kegiatan yang menyenangkan, keterlibatan di luar ruangan, dan pengalaman bermakna yang menantang dan mendorong kaum muda untuk mendapatkan kepercayaan diri, keberanian, dan menikmati perjalanan pertumbuhan mereka dalam sistem yang terstruktur.

Pendekatan kepramukaan yang berpusat pada peserta didik menghargai bahwa setiap anggota pemuda adalah individu unik yang memiliki potensi untuk berkembang dalam banyak dan cara yang berbeda. Dengan mempertimbangkan berbagai kelompok usia, Kepramukaan secara khusus dirancang untuk merangsang penemuan dan perkembangan individu sesuai dengan kecepatannya masing-masing.

Baca Juga  Penguatan Bagi Instruktur tingkat Puskesmas & anggota Saka Bakti Husada Sidoarjo

Belajar sambil melakukan

Pendekatan kepramukaan terhadap pendidikan dipandu oleh prinsip-prinsip dan keyakinan mendasar yang menjadi dasar pendirian Kepramukaan lebih dari satu abad yang lalu. Ini bertujuan untuk berkontribusi pada pemberdayaan individu dan pengembangan mereka sebagai warga negara yang aktif di komunitas lokal, nasional, dan global mereka. Memandu proses ini adalah seperangkat kompetensi yang beragam dalam Program Pemuda Pramuka yang berfokus pada pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai. (Red) — Diterjemahkan dari website : https://www.scout.org/who-we-are/scout-movement/scouting-education

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *