Perkemahan Satu Hari, Wujudkan Pramuka Siaga Mandiri dan Berbudaya

Pusinfo – Berkegiatan di alam terbuka, kemasan kegiatan yang menarik dan menantang merupakan salah satu metode kepramukaan. Hal tersebut teragendakan dalam kegiatan Perkemahan Satu Hari Tahun 2023 Gerakan Pramuka Gugusdepan Sidoarjo 09.067-09.068 berpangkalan pada SDN Katerungan Krian.

Upacara Pembukaan kegiatan dilaksanakan di halaman SDN Katerungan Krian dengan diikuti oleh 12 barung putra dan 14 barung putri. Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Siaga Mandiri dan Berbudaya” ini dikolaborasikan dengan kunjungan ke Candi Pari Porong Sidoarjo.

Dalam kunjungan sekaligus tempat kegiatan Persari, sesampainya di lokasi Candi Pari seluruh peserta mendirikan tenda dibimbing oleh Kakak Pembina Pramuka Siaga. Seluruh peserta mendapatkan informasi sejarah tentang Candi Pari dari Juru Kunci yaitu Bapak Muhammad Saroni. Sebanyak 231 peserta siaga yang terbagi ke dalam 26 barung melaksanakan kegiatan dengan antusias.

Meskipun cuaca cerah dan cenderung panas, namun tidak menurunkan semangat para peserta untuk saling menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam serangkaian kegiatan yang dikemas dalam beberapa perlombaan, antara lain : Lomba Rengking 1, Lomba Puzzel, Lomba Arah Mata Angin dan Lomba Ketangkasan.

Kegiatan-kegiatan ini haruslah sering diadakan di gugus depan, untuk terus menjaga semangat dan motivasi para peserta didik sekaligus aplikasi dari metode kepramukaan. Selain itu, melalui kegiatan seperti ini diharapkan para peserta dapat lebih memahami dan mengerti akan warisan budaya para leluhur kita, sehingga mereka tidak lupa akan sejarahnya.

Gerakan pramuka menjadi sarana yang paling efektif untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta memberikan bekal akan penguatan budaya bangsa. Kabupaten Sidoarjo memiliki banyak sekali tinggalan sejarah dari era Kerajaan Jenggala maupun Majapahit. Tentunya memerlukan penjagaan dan perawatan agar tetap lestari sehingga dapat menjadi sarana edukasi kepada masyarakat akan bagaimana leluhur kita membangun peradaban. (Red)

Kontributor oleh : Kak M Arif Suma Irmawan, S.Pd.SD – Pembina Pramuka SDN Katerungan Krian;

Baca Juga  Motivasi Pramuka Penegak, Inspirasi Untuk Kembali Membangkitkan Semangat Berpramuka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *