Liburan Sekolah, Pramuka SMA Islam Sidoarjo Gelar Napak Tilas ke Makam Bung Karno Blitar

Bantu Publikasi Setiap Berita Yang Diterbitkan oleh Kwarcab Sidoarjo Dengan Menjadikan Status Media Sosial Anda – Pusinfo Kwarcab Sidoarjo – Produktif Bergerak, Maju Berdampak

Pusinfo – Libur kenaikan kelas dijadikan waktu berkegiatan yang menarik oleh Ambalan Ki Hajar Dewantara – Nyi Ageng Serang pangkalan SMA Islam Sidoarjo. Selasa 2 Juli 2024 menggelar kegiatan Napak Tilas ke makam Bung Karno di Blitar. Napak tilas ini bertujuan untuk mengenang jasa-jasa dan mempelajari kembali jejak-jejak sejarah Sang Putra Fajar.

Napak Tilas Bung Karno oleh Pramuka SMA Islam Sidoarjo di awali dengan berkumpul di Stasiun KA Sidoarjo kota dan berangkat pada pukul 5.19, perjalanan cukup panjang menempuh waktu hampir 4 jam perjalanan kereta api.

Tujuan pertama setelah turun dari kereta api yakni ke rumah keluarga besar salah satu anggota ambalan, ternyata masih saudara dengan kak Mujianto Wakil Ketua Harian Kwarcab Kota Blitar, kami disana mendapatkan informasi yang menarik tentang kota Blitar dan acara-acara menarik sekitar bulan Juli – Agustus di Kota Blitar.

Tujuan Napak Tilas kami selanjutnya yakni ke perpustakaan Bung Karno, di dalam kami sudah disambut oleh kak Hendri sekretaris Kwarcab Kota Blitar yang dalam kesehariannya bertugas di Perpustakaan Bung Karno Blitar, ia menjelaskan dengan detail dan menarik, sehingga pengetahuan kami tentang Bung Karno bertambah.

Setelah dari Perpustakaan Bung Karno kami melanjutkan perjalanan menuju tempat peristirahatan terakhir sang Proklamator, sejenak kita berdoa, berdiam diri dan membayangkan atas jasa-jasa Bung Karno terhadap bangsa Indonesia.

Perjalanan Napak Tilas kami tak henti disini, kami melanjutkan perjalanan menuju Istana Gebang, Istana Gebang atau Ndalem Gebang. Istana Gebang merupakan bangunan bersejarah karena dulunya merupakan rumah masa remaja Presiden Sukarno. Keluarga Bung Karno mulai menempati rumah ini mulai antara tahun 1917-1919. Saat itu, Soekarno baru menginjak masa remaja, yakni antara 16-18 tahun karena lahir pada 6 Juni 1901, saat ini kondisi Istana Gebang sangat terawat dan sering dikunjungi wisatawan maupun pelajar.

Baca Juga  Ciptakan Pembina Pramuka Handal Melalui KMD Jenggala 214 UNUSIDA

Napak Tilas Bung Karno di Blitar tak selesai sampai disini, kami melanjutkan perjalanan menuju alun-alun Blitar, sama halnya seperti alun-alun kota pada umumnya, terdapat masjid besar, kantor Walikota, lembaga pemasyarakatan, tata letak kota yang mengadopsi dari tata kota era klasik.

Bung Karno merupakan salah satu tokoh besar Bangsa Indonesia yang patut untuk dicontoh dan dipelajari dari jasa-jasanya terhadap Indonesia, Napak Tilas Bung Karno ini sebagai motivasi perjuangan bagi ambalan Ki Hajar Dewantara – Nyi Ageng Serang pangkalan SMA Islam Sidoarjo untuk terus berbakti dan membangun Negara Indonesia sesuai dengan kemampuan dan perannya masing-masing. [Red]

Kontributor Kegiatan : Kak Alfun Salam, S.Pd – Pembina Satuan SMA Islam Sidoarjo;
Pewarta Pusinfo : Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfo Kwarcab Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *