14 Manfaat Mengirim Pramuka ke Perkemahan

Oleh : Kak Uays Hasyim, SE., MM., CT.HLC., CPS – Kapusinfocab Sidoarjo

Pusinfo – Apa yang terjadi jika seorang Pramuka menghabiskan waktu seminggu di Perkemahan ? Mereka bersenang-senang dan mereka tumbuh berkembang. Jika Anda pernah berkemah, Anda tidak akan terkejut mendengar tentang manfaat seminggu di perkemahan. Tetapi jika Anda belum pernah berkemah, Anda mungkin tidak menyadari betapa luar biasanya pengalaman itu sebenarnya. Berkemah adalah pengalaman hidup di luar ruangan yang kreatif, mendidik, dan kooperatif. Bumi perkemahan memanfaatkan alam sekitar dan metode Pramuka untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan fisik, mental, spiritual, dan sosial para peserta perkemahannya.

Baden-Powell, pendiri gerakan Kepramukaan, pernah berkata: “Seminggu hidup di perkemahan sama dengan enam bulan pengajaran teoritis di ruang pertemuan.” Dan survei BSA nasional menunjukkan bahwa pemimpin Pramuka memiliki peluang 300% lebih baik dibanding yang lainnya. Perkemahan menyediakan waktu satu minggu untuk menjalani program Pramuka ! Jadi mengapa Anda harus mengirimkan putra-putri Anda ke perkemahan selama seminggu? Inilah 14 alasan utamanya, yakni :

  1. Mereka akan menghabiskan hari-harinya dengan aktif secara fisik

Kami menghabiskan begitu banyak waktu hari ini di dalam dan duduk, kemah memberikan kesempatan bagus untuk keluar, bangun, dan bergerak, hari-hari di perkemahan penuh dengan berlari, berenang, melompat, kano, kayak, hiking, memanjat, dan banyak lagi! Seminggu di berkemah penuh dengan aksi !

  1. Mereka akan mendapatkan kemajuan dan mengalami kesuksesan

Bumi perkemahan memberikan Pramuka banyak kesempatan untuk mengerjakan berbagai macam prestasi dan persyaratan peringkat lainnya dalam perjalanan menuju pramuka garuda. Pramuka akan menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri dan kemudian mengikuti rute yang jelas untuk mencapainya. Apakah menguasai bidikan mereka untuk melesatkan anak panah tepat sasaran di lapangan panahan atau menyempurnakan pukulan mereka untuk lulus tes renang, ada pencapaian dan lainnya. Kehidupan perkemahan membangun rasa percaya diri dan harga diri dengan memberikan peluang besar bagi Pramuka untuk berhasil, tumbuh, dan maju.

  1. Mereka akan melepaskan diri dari teknologi

Saat anak-anak (dan orang dewasa) beristirahat dari televisi, ponsel, dan Internet, mereka akan menemukan kembali kekuatan kreatif mereka dan terlibat dalam dunia nyata — orang-orang nyata, aktivitas nyata, petualangan nyata, dan emosi nyata. Mereka menyadari, selalu ada banyak hal yang harus dilakukan, mengembangkan keterampilan sosial, dan merasakan alam. Hari-hari di perkemahan terasa lebih lama, lebih penuh, dan lebih kaya. Ini bukan video game, Perkemahan adalah petualangan nyata !

  1. Mereka akan memiliki kebebasan untuk menjadi kotor
Baca Juga  Pengurus Kwarran Taman Dilantik, Diwarnai Tampilan Semaphore Dance Penggalang

Pramuka itu bersih, tapi dia tidak takut kotor ! Anak mana yang tidak suka bermain di lumpur ? Pramuka dapat melangkah keluar dari zona nyaman mereka dan menjadi lebih berani dan kotor di perkemahan. Salah satu pengalaman unik yang bisa dilakukan adalah melewati rawa berlumpur saat mereka mendaki (dan terkadang berenang) melalui lumpur tebal (di mana lagi mereka bisa melakukannya?). Di kegiatan alam terbuka, Pramuka dapat menangani ular, ikan, katak, dan serangga ! Hidup dan menjelajah di alam bebas adalah inti dari perkemahan. Tapi jangan khawatir, kamp memiliki tempat mandi yang bagus untuk Pramuka dapat membersihkan diri dipenghujung hari yang dipenuhi keringat, kotoran, dan lumpur.

  1. Mereka akan menaklukkan ketakutan mereka dan mencoba hal-hal baru

Pramuka itu pemberani. Ada banyak cara selama seminggu di perkemahan mendorong Pramuka untuk mengembangkan keberaniannya dan mencoba hal-hal yang baru. Jenis dorongan dan dukungan yang diterima Pramuka di perkemahan akan menjadikannya tumbuh dilingkungan yang hebat bagi mereka untuk mencoba hal-hal baru (dan karena itu sedikit menakutkan) dan menemukan bahwa peningkatan kemampuan akan datang ketika Anda mencobanya sekali lagi. Para pramuka dapat menaklukkan rasa takut akan ketinggian dengan memanjat tiang tiang setinggi 30 kaki, mengelola muatan panggung dengan melakukan sandiwara di api unggun, atau mengatasi kerinduan hanya dengan berada jauh dari rumah untuk pertama kalinya. Perkemahan membantu Pramuka meningkatkan kemampuan.

  1. Mereka akan mengeksplorasi karir dan mengembangkan keterampilan seumur hidup

Perkemahan biasanya menyediakan instruktur, program, peralatan, dan fasilitas yang tepat bagi Pramuka untuk menjelajahi karier baru, mengembangkan hobi baru, membangun keterampilan baru, dan berpetualang baru. Ada sesuatu untuk semua orang ! Perkemahan memperluas kemampuan Pramuka dan membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi kehidupan mendatang.

  1. Mereka akan menjadi kreatif dan produktif
Baca Juga  Ketua Kwarcab Pramuka Sidoarjo apresiasi Eksistensi SAKO Pramuka Ma'arif NU di Sidoarjo

Pramuka memiliki kesempatan untuk menjadi produktif dan kreatif di perkemahan. Mereka dapat membuat hal-hal baru di Handicraft, membuat gadget perkemahan keren di ScoutCraft, atau memasak makanan untuk kelompoknya di perkemahan mereka. Pramuka dapat mengekspresikan diri melalui lagu, sandiwara, dan proyek seni. Ada masalah yang harus dipecahkan dan solusi kreatif ditemukan di perkemahan. Jika digabungkan dengan mempelajari keterampilan hidup yang bermanfaat, ini akan menghasilkan karya yang benar-benar produktif. Pramuka juga mengalami pertumbuhan pribadi dengan menerapkan keterampilan dan kreativitas mereka melalui pelayanan. Di perkemahan, Pramuka mendapatkan rasa positif akan harga diri dan kegunaan dengan menerapkan kreativitas dan keterampilan mereka – membantu mengajar orang lain, bekerja sama, membersihkan tempat perkemahan mereka, menjadi pramusaji saat makan, dan melakukan proyek pelayanan lainnya.

  1. Mereka akan tumbuh lebih mandiri

Perkemahan adalah tempat yang tepat bagi Pramuka untuk berlatih membuat keputusan sendiri tanpa orang tua dan guru yang membimbing setiap langkah mereka. Pramuka mengelola rutinitas dan pilihan harian mereka di lingkungan perkemahan yang aman dan penuh perhatian. Pramuka dapat menggunakan kebebasan ini untuk berkembang ke arah yang baru. Perkemahan membantu Pramuka membangun tanggung jawab pribadi dan mengembangkan siapa mereka.

  1. Mereka akan membangun keterampilan sosial dan mengembangkan kerja tim

Pramuka hidup sebagai bagian dari komunitas di Perkemahan, berfungsi sebagai anggota kelompok, pasukan, dan sebagai warga perkemahan secara keseluruhan. Seminggu dalam perkemahan benar-benar merupakan minggu menjalani kehidupan Pramuka. Hidup bersama setiap orang harus bekerja sama dan saling menghormati. Saat Anda tinggal di tenda dengan Pramuka lain dan di perkemahan dengan orang lain, Anda berbagi tanggung jawab, menyelesaikan perbedaan pendapat, dan menemukan secara langsung pentingnya komunikasi yang tulus. Perkemahan memupuk rasa kebersamaan dan membangun kerja sama tim.

  1. Mereka akan meningkatkan pertumbuhan rohani mereka

Di perkemahan, Pramuka punya waktu untuk merenungkan keberadaan diri sendiri dan merenungkan kehidupan. Nilai-nilai dan karakter pribadi yang kuat dibentuk ketika Pramuka didorong untuk hidup berdasarkan Satya dan Darma Pramuka. Pramuka mengambil bagian dalam keputusan yang mempengaruhi orang lain, mereka membantu satu sama lain, mereka merenungkan hubungan mereka dengan Tuhan, merenungkan nilai-nilai pribadi mereka, dan berpartisipasi dalam kegiatan patriotik dan spiritual yang membantu mengembangkan tugas mereka kepada Tuhan dan negara.

  1. Mereka akan berhubungan kembali dengan alam
Baca Juga  Kontingen Sidoarjo Diberangkatkan, 36 Penegak Pandega Terbaik Sidoarjo Ikuti Raida XIV Jatim

Seperti Baden-Powell, pendiri Kepramukaan, pernah menulis: “Udara terbuka adalah tujuan sebenarnya dari Kepramukaan dan kunci keberhasilannya.” Perkemahan dengan lanskap alam kawasan ini memberikan pengalaman unik yang akan memperkaya persepsi Pramuka tentang dunia di sekitar mereka. Seminggu di perkemahan membuat Pramuka keluar dan ke udara terbuka dan hutan belantara. Pramuka akan mengembangkan apresiasi yang lebih dalam terhadap alam di perkemahan.

  1. Mereka akan menjadi teman sejati

Perkemahan adalah tempat di mana Pramuka dapat menjalin pertemanan seumur hidup. Bebas dari ekspektasi sosial yang menekan mereka di sekolah, perkemahan mendorong Pramuka untuk bersantai, bersenang-senang, dan berteman dengan mudah. Semua kesenangan di perkemahan menyatukan, semua orang bernyanyi, tertawa, berbicara, bermain, melakukan hampir semua hal bersama. Setiap hari perkemahan menciptakan persahabatan baru.

  1. Mereka akan bersenang-senang

Yang ini cukup jelas, tapi seminggu di perkemahan sangatlah menyenangkan! Menjelajah alam sekitar, menembakkan busur dan anak panah, menyanyikan lagu-lagu riang di perkemahan, mengayuh kano, bermain lumpur, melakukan sepak bola, begadang untuk menatap bintang, menangkap ikan, arung jeram, meluncurkan roket, bermain game, memasak, menyalakan api unggun. Seminggu di perkemahan dikemas dengan petualangan menyenangkan untuk Pramuka !

  1. Mereka akan menjadi lebih hebat

Seminggu di perkemahan memberi Pramuka jawaban akhir untuk pertanyaan yang tak terelakkan: “Jadi, apa yang Anda lakukan di liburan ?” Pramuka yang mengikuti perkemahan pasti akan memiliki beberapa cerita keren untuk dibagikan dengan teman sekelas, teman, anggota keluarga, guru, dan sesama Pramuka. Semua orang akan berpikir bahwa mereka benar-benar hebat (dan memang begitu) !.

Informasi, foto diedit seperlunya dan disadur dari : http://www.campminsi.org/articles/14-benefits-of-sending-a-scout-to-camp/62325

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *