#RebrandingPramuka Berita

ZIARAH ROMBONGAN TANAMKAN JIWA NASIONALISME

Rangkaian Peringatan Hari Pramuka ke – 61 Tahun 2022 Kwartir Cabang Sidoarjo

Pusinfo – Gerakan Pramuka kini telah berusia 61 tahun, 14 Agustus 1961 – 14 Agustus 2022. Usia yang cukup matang untuk terus berkiprah dalam menyiapkan generasi-generasi muda yang memiliki jiwa dan karakter nasionalisme handal. Tidak lagi bisa dipungkiri, keberadaan gerakan pramuka memberikan kontribusi nyata bagi kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Tak ayal lagi, peran sentral pramuka semenjak era kepanduan 1910 yang terus bergulir memberikan warna perjuangan bangsa. Tidaklah sedikit orang-orang kepanduan Pramuka yang terus berkiprah menghasilkan karya nyata dalam tataran berbangsa dan bernegara. Sebutlah Ir. Soekarno, KH Agus Salim, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, HS Mutahar ataupun Bung Tomo di Surabaya yang hasil didikan kepanduan kala itu.

Berbekal jiwa nasionalisme yang semakin luntur dikalangan anak muda dewasa ini, gerakan pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo mengadakan acara Ziarah Rombongan sebagai rangkaian peringatan Hari Pramuka ke – 61 Tahun 2022 di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Jl. Pahlawan Sidoarjo. Ziarah kali ini dipimpin oleh Kakak Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo Kak DR. H. Mustain Baladan, M.Pd.I.

Beberapa pleton pramuka penegak, penggalang dan siaga juga turut andil mengikuti kegiatan ini yang merupakan utusan dari gugus depan sekitar. Selain itu, hadir juga para andalan cabang, andalan ranting dan para wakil ketua Kwartir Cabang Sidoarjo. Acara berlangsung khidmah, kemudian dilakukan tabur bunga di pusara para pahlawan, pejuang perintis kemerdekaan paska dilakukan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dirangkai pula dengan peletakan karangan bunga.

Selain melakukan ziarah ke TMP Kusuma Bangsa, juga dilakukan ziarah dan doa bersama di makam para pejuang gerakan pramuka Sidoarjo, diantaranya makam Kak Suparman HS yang pernah menjabat Ketua Harian Kwartir Cabang Sidoarjo dan makam Kak H Nur Ahmad Syaifuddin, SH yang merupakan Ketua Kwartir Cabang Sidoarjo tahun 2016 s.d 2021 sekaligus Wakil Bupati Sidoarjo saat itu.

Kegiatan ini menjadi sebuah sarana untuk membekali jiwa seluruh anggota pramuka agar senantiasa menghargai para pahlawan pendahulu yang telah berjuang merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah. Selain itu, diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendorong peningkatan rasa dan jiwa nasionalisme bagi generasi muda, utamanya anggota pramuka dari tingkatan siaga sampai dengan pandega.(Red)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.