Berita Info Kwarran

GELIAT SAKA BAKTI HUSADA BUDURAN BANGKIT

Pusinfo – Sebagai ujung tombak dan garda terdepan diwilayah Kecamatan Buduran dalam penanganan Covid-19 disaat pandemi yang lalu, Puskesmas Buduran terus berbenah dalam pelayanan kepada masyarakat. Demikian juga dengan pendidikan dan pembinaan generasi muda yang diwadahi Satuan Karya bakti Husada di Kwartir Ranting Buduran yang berpangkalan di Puskesmas Buduran. Jum’at, 19 Agustus 2022 di ruang pertemuan Puskesmas Buduran diadakan kegiatan Pertemuan Saka Bakti Husada (SBH) Kwartir Ranting Buduran yang dihadiri oleh perwakilan anggota pramuka dari 11 sekolah setingkat SMA/SMK/MA diwilayah Kwartir ranting Buduran.

Pemberian Materi Krida Bina Gizi

Kegiatan diawali dengan pengenalan Satuan Karya Bakti Husada, sebagiamana diketahui bahwa Satuan Karya Pramuka Bakti Husada merupakan Satuan Karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan dalam diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidang kewirausahaan.

Saka Bakti Husada memiliki enam krida yaitu Krida Bina Keluarga, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat dan Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Keenam krida ini dikembangkan melalui upaya pelaksanaan kegiatan dalam menjawab tantangan dan solusi permasalahan di bidang kesehatan.

Selanjutnya juga dilakukan pembentukan Pengurus Dewan Saka Bakti Husada Kwartir ranting Buduran dengan Pamong Saka putra kak Bambang dan Pamong Saka putri Kak Yeni yang sehari-hari menjabat sebagai bidan di Puskesmas Buduran. Dalam kesempatan ini juga disampaikan materi tentang Krida Bida Gizi oleh Kak Saiful Arif selaku Instruktur Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Buduran.

Pemantapan pengurus dan anggota Dewan Saka Bakti Husada Kwarran Buduran

Rangkaian ditutup dengan pemantapan pengurus dan anggota Dewan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Buduran oleh Kak Ali Ihsan, dalam penyampaiannya beliau mengatakan bahwa setiap anggota Saka Bakti Husada Kwartir ranting Buduran merupakan bagian dari kepanjangan tangan Puskesmas Buduran untuk mempromosikan berbagai macam pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekaligus berperan aktif dalam membantu masyarakat melalui upaya kesehatan baik yang bersifat promotif maupun preventif guna mendorong terciptanya derajat kesehatan masyarakat yang utuh dan menyeluruh.

Diharapkan juga, melalui kegiatan Saka Bakti Husada Kwartir ranting Buduran ini, seluruh peserta dapat memilik bekal pengetahuan kesehatan secara praktis, seminimalnya dapat bermanfaat bagi diri sendiri, teman maupun keluarganya, demikian imbuhnya mengakhiri pemantapan. Sebagai hasil pertemuan kali ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan rutin SBH setiap 2 minggu sekali di Puskesmas Buduran dan juga akan dilakukan pelantikan Pengurus Dewan Saka Bakti Husada setelah SK Kepengurusan sudah diperoleh.(Kontributor-Kak Yeni)

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.