Rakercab Sidoarjo, Teguhkan Semangat Pramuka Sidoarjo Produktif Bergerak Maju Berdampak

Pusinfo – Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo kembali melakukan penataan program kerjanya untuk tahun 2024. Bersama dengan seluruh jajaran Andalan dan unsur Kwartir Ranting serta Dewan Kerja, Sabtu 11/03/2023 dilaksanakan kegiatan Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sidoarjo di ruang pertemuan Tri Satya Sanggar Bakti Pramuka Sidoarjo, Jl. Yos Sudarso No.35 Ketel Sidoklumpuk Kec. Sidoarjo.

Acara dibuka oleh Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, Kak H MG Hadi Sucipto, SH., MM. Dalam amanahnya, beliau menyampaikan bahwa pramuka Sidoarjo dari dulu selalu menjadi rujukan bagi pramuka se-Jawa Timur. Keberadaan gerakan pramuka di Sidoarjo dari waktu ke waktu senantiasa selalu ada inovasi dalam berkarya maupun berkegiatan. Hal ini membuktikan bahwa kader-kader gerakan pramuka memiliki potensi yang luar biasa untuk terus dikembangkan.

“Dari dulu Pramuka Sidoarjo sudah menjalankan kewira usahaan sejak Sanggar Pramuka masih berada di Jatikepuh Larang, kemarin pada waktu Rakerda juga dicanangkan oleh Kamabida – Gubernur Jawa Timur terkait Satu Gugus Depan Satu Produk untuk seluruh warga pramuka di Jawa Timur. Konsep ini sebenarnya sudah ada sejak jamannya Kamabidanya Kak Basofi Sudirman, One Village One Product – Satu Desa Satu Produk. Kali ini disetiap gugus depan harus lebih produktif menghasilkan produk yang dapat dijadikan sebagai unggulan gugus depan tersebut serta Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo harus mendukung sepenuhnya program yang sangat menunjang kemajuan gerakan pramuka ini” ujar beliau.

Dalam kegiatan kali ini juga disampaikan apresiasi penghargaan bagi Kwartir Ranting dan Gugus depan yang ikut berpartisipasi dalam pengumpulan bumbungan kemanusian – donasi untuk warga yang mengalami bencana alam di Cianjur. Total nilai yang terkumpul dari donasi bantuan masyarakat sebesar Rp. 101.763.000 (Seratus satu juta tujuh ratus enam puluh tiga ribu rupiah). Selain itu juga ada anggota BP-1315 yang ikut serta membangun Hunian Sementara atau Huntara yang diperuntukkan bagi masyarakat pengungsi di Cianjur.

Baca Juga  Lama Tak Berkegiatan, Sako Ma'arif Jabon Gelar Jambore Sebagai Ajang Silturahmi Pramuka

Melalui kegiatan ini pula, kakak Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, Kak H MG Hadi Sucipto, SH., MM. juga mengajak seluruh anggota pramuka Sidoarjo untuk membumikan tagline Pramuka Sidoarjo “Produktif Bergerak Maju Berdampak” sebagai semangat untuk terus berkarya lebih produktif, bergerak bersama-sama mewujudkan harapan yang terbaik agar gerakan pramuka Sidoarjo semakin maju memberikan dampak perubahan dan kebaikan baik bagi diri, pramuka di pangkalannya maupun masyarakat secara luas.

Keberadaan gerakan pramuka haruslah memiliki pengaruh positif bagi masyarakat sekitarnya, hal ini adalah sesuatu yang wajib bagi seorang pramuka yang menjadi harapan para pendiri gerakan pramuka hingga memunculkan nama pramuka atau para di muka, poro di muko, para pemuka atau orang-orang yang terdepan memberikan inspirasi dan tindakan bagi orang lain. Setiap anggota pramuka sedapat mungkin bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat secara luas. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *