Terapkan 4H Gudep Sidoarjo 01.167 – 01.168 Adakan Diklat Pengurus Ambalan

Pusinfo – Berkemah menjadi salah satu metode terbaik didalam menerapkan pola pendidikan Learning by doing sebagaimana yang diajarkan dalam gerakan pramuka. Metode ini dikenal dengan kegiatan pendidikan di alam terbuka. Setiap gugus depan gerakan pramuka yang berpangkalan di sekolah, sudah melazimkan mengagendakan kegiatan perkemahan ini.

Sebagaimana yang telah dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Gudep Sidoarjo 01.167-01.168 yang berpangkalan di SMA Negeri 3 Sidoarjo, pada tanggal 11 s.d 12 Pebruari 2023 melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Ambalan Tjokronegoro – Dewi Sekardadu.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan metode berkemah di Buper Mahanaim Sumberwekas Kec. Prigen Pasuruan ini ditujukan guna membentuk anggota pramuka yang memiliki karakter mulia dan berbudi luhur, sikap yang disiplin, pemberani dan bertanggung jawab. Selain itu melalui kegiatan Diklat Pengurus Ambalan ini diharapkan dapat melahirkan pramuka-pramuka penegak yang kreatif dalam membuat dan melaksanakan program kerja ambalannya.

Untuk mencapai tujuan utama pendidikan kepramukaan tersebut, maka adik-adik peserta Diklat Pengurus Ambalan menuangkannya dalam kegiatan ibadah, memasak bersama, malam api unggun, serta menerima materi kepenegakan, kepemimpinan, komunikasi efektif, PBB bertongkat, pioneering, P3K.

Selain itu juga diberikan beberapa permainan outdoo yang dilaksanakan di perkemahan selama diklat adalah Pipa air, Menara air, Girang (Tinggi tinggian barang) dan Garang (Gelas bergoyang) yang semuanya melatih kepemimpinan, kekompakan, komunikasi efektif, kesabaran, dan mengasah otak.

Dari seluruh permainan ini semuanya menggunakan prinsip 4H yaitu happiness (bergembira, suka, rela, ikhlas, dan bersyukur), healthy (sehat, lincah, dinamis), handicraft (berkarya, produktif, ada hasil, kreatif, dan inovatif), dan helpful (menolong, cinta lingkungan, bersaudara, dan setia). Prinsip ini merupakan Empat syarat hidup bahagia yang diajarkan oleh Baden Powell yang diterapkan dalam berkegiatan Diklat Pengurus Ambalan Gerakan Pramuka Gudep Sidoarjo 01.167-01.168 pangkalan SMA Negeri 3 Sidoarjo. (Red)

Kontributor & Dokumentasi oleh : Kak Farida – Pembina Gugus Depan Pramuka SMA Negeri 3 Sidoarjo;

Baca Juga  Adakan Diklat Dewan Galang, Siapkan Pramuka Penggalang Garuda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *