#RebrandingPramuka Berita Info Kwarran

Demokratisasi Musran Kwarran Sedati

Pusinfo – Musyawarah Ranting adalah wadah Demokrasi Gerakan Pramuka di tingkat Ranting atau Kecamatan. Dimana didalamnya terdapat hal pokok, diantaranya : laporan pertanggungjawaban kepengurusan, membahas program dan tata kelola lainnya. Dan yang paling inti adalah pemilihan Ketua Kwartir Ranting selama satu periode berikutnya.

Musran Kwarran Sedati dilaksanakan sabtu, 19 Nopember 2022 di Aula SMP Negeri 1 Sedati jalan Brantas No. 1 Komplek TNI AL Juanda. Diikuti sebanyak 75 orang dari unsur Mabigus, pembina Gugus Depan dan andalan serta DKR Sedati. Acara dibuka oleh Waka Binawasa Kwarcab Sidoarjo Kakak Dr. Abdul Munif, MM didampingi oleh sekretaris Kwarcab Sidoarjo Kak. Kusdianto. SH., MH.

Dalam sambutannya kak. Munif berharap musyawarah dilaksanakan secara terbuka dan musyawarah mufakat memilih Ketua Kwartir Ranting Sedati yang memiliki kompetensi dan kapabilitas dalam memimpin organisasi. Disamping itu perlunya program yang variatif dan terjangkau oleh Gugus Depan. Dalam upacara pembukaan Musran kwarran Sedati tahun 2022 juga dilakukan penyerahan tropi pada juara lomba Tingkat 2 Kwarran Sedati yg telah diselenggarakan bulan Oktober yang lalu.

Musran diawali dengan sidang pleno pertama Penyampaian laporan pertanggungjawan Ketua Kwarran Sedati. Secara lugas dan terinci laporan Kak. Siti Hamidah telah diterima oleh seluruh peserta Musran secara Quorum. Melalui Sidang pleno yang komandani oleh Kak. Fadli LT dari unsur andalan ranting dengan didampingi Kak. Nikmatin Rohmah dari pembina pramuka SDN Pepe dan Kak. Elsuna Mazayatun dari unsur pembina Gudep SMPN 2 Sedati, telah menghasilkan beberapa keputusan Strategis.

Dinamika musyawarah menunjukkan demokratisasi berjalan dengan baik, tanpa adanya hegemoni dan diskriminasi suara. Adanya usulan pandangan bahkan kritik tetap dalam koridor musyawarah mufakat. Untuk membahas Manajemen tata kelola dan keuangan Komisi A dipimpin oleh kak Sobirin, LG sedangkan komisi B yang membahas program kerja bina muda dan binawasa di pemimpin Kak. Sudarmadi, LG.

Tibalah pada sidang Pleno 3 dengan agenda pokok pemilihan Ketua Kwartir Ranting Sedati, masa bhakti tahun 2022-2025. Melalui musyawarah mufakat telah sepakat untuk memilih kembali Kak Siti Hamidah menjadi Ka Kwarran Sedati. Akhirnya palu sidang mengetuk pertanda keputusan Ketua terpilih Kak. Siti Hamidah, S. Pd, M.Pd menjadi Kakwarran Sedati masa bakti 2022 – 2025, sekaligus menjadi Ketua tim formatur yang beranggotakan lima orang dari unsur gudep SDN, gudep MI/sako, gudep SMPN dan SMP swasta.

Sementara Kamabiran Sedati Kak. Dra. Abu Dardak, S.Sos,M.Si menyampaikan sambutan dalam upacara penutupan bahwa Musran terselenggara dengan baik, selanjutnya untuk segera dilengkapi susunan kepengurusan lainnya. Semoga tidak Lama lagi dapat dilakukan pelantikan Mabiran dan kepengurusan andalan Kwarran Sedati masa bhakti 2022-2025. Pesan-pesannya adalah segera dilengkapi kepengurusan kwarran Sedati Mabiran Sedati. Dan sebelum tahun 2023, sedapat mungkin dilakukan pelantikan Mabiran dan Andalan Ranting. Program kerja telah tersusun dengan rinci, partisipasi dan kolaborasi menanti. Ihlas bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana. (Red)

Jurnalis Tim Pusinfo Kwartir Cabang Sidoarjo : Kak M Fadli;

Foto-foto kegiatan oleh : Panitia Musran Kwarran Sedati;

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.